Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Razia Masker di Cianjur, Jumlah Pelanggar Malah Makin Naik

Kompas.com - 28/08/2020, 10:24 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat kesadaran masyarakat terhadap penggunaan masker dalam penerapan protokol kesehatan di era normal baru masih terbilang rendah.

Hal ini berdasarkan hasil evaluasi razia petugas gabungan yang rutin digelar setiap hari dalam sepekan terakhir di sejumlah tempat.

Kasat Pol PP Cianjur Hendri Prasetyadhi menyebutkan, setiap harinya jumlah pelanggar masker yang terjaring razia trennya terus naik.

Baca juga: Pangdam III Siliwangi: Pulang dari Papua, Sejumlah Prajurit Raider 300 Cianjur Positif Covid-19

"Padahal, memakai masker sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan sangat penting dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran  dan penularan Covid-19," tutur Hendri kepada wartawan, Kamis (27/8/2020).

Karena itu, pihaknya akan terus menggencarkan razia untuk menegakkan kedislipinan warga terhadap penerapan protokol kesehatan di aejumlah titik keramaian dan ruas jalan.

"Termasuk akan mulai kita gencarkan di kawasan wisata dan pintu-pintu masuk ke objek wisata," ujar dia.

Baca juga: Warga Karyamukti di Cianjur Ini Bertaruh Nyawa Setiap Hari

Disebutkan, giat razia masker ini mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 60/2020 tentang Pengenaan Sanksi Administratif terhadap pelanggaran Tertib Kesehatan dalam Pelaksanaan PSBB dan AKB dalam Penanggulangan Covid-19.

"Sejauh ini bagi pelanggar sanksinya masih berupa kerja sosial, menyapu fasilitas umum. Untuk sanksi denda akan diterapkan aelanjutnya," ucap Hendri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com