Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.200 Orang dengan Risiko Covid-19 di Brebes Jalani Tes Swab

Kompas.com - 27/08/2020, 20:09 WIB
Tresno Setiadi,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BREBES, KOMPAS.com - Sedikitnya 1.200 orang dengan risiko (ODR) rentan terparar Covid-19 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mulai menjalani tes swab di 38 puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono mengatakan, kategori ODR mulai dari penderita TBC, diabetes melitus, hipertensi, hingga orang kanjut usia dan tenaga kesehatan.

"Semua ada sekitar 1.200 orang, yang masuk ODR. Mereka memang kita prioritaskan menjalani uji swab," kata Sartono di kantornya, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Pasutri Dokter Positif Covid-19, Pegawai Satu Puskesmas di Brebes Jalani Tes Swab

Sartono mengemukakan, pelaksanaan swab sudah dimulai sejak Senin (24/8/202) dan ditargetkan selesai pada 2 September 2020.

"Sehari tiap puskesmas minimal melakukan swab kepada 5 sampai 10 ODR. Selanjutnya sampel dikirim ke Labkesda Provinsi Jawa Tengah untuk test metode PCR," kata dia.

Dia bilang, ODR yang menjadi kelompok rentan terpapar Covid-19, termasuk orang yang menderita sejumlah penyakit tertentu.

"Di Brebes sebenarnya ada 16 ribu orang penderita diabetes kategori lansia, kemudian 5.000 penderita TBC. Mereka masuk katagori ODR," kata dia.

Baca juga: 154 SMP di Brebes Gelar Sekolah Tatap Muka, Ganjar Minta Dievaluasi

Sebelumnya, sejak beberapa bulan terakhir, pihaknya juga sudah melakukan rapid test secara masif sebagai deteksi dini Covid-19.

"Upaya screening harus dilaksanakan secara terstruktur dan masif," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com