Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Uji Kompetensi, Perawat Meninggal Dunia Positif Covid-19

Kompas.com - 27/08/2020, 13:51 WIB
Hamim,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Kabar duka kembali menyelimuti para tenaga medis di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

H (51), salah seorang perawat yang bertugas di Instalasi Bedah Sentral RSUD Sosodoro Djatikoesumo, Bojonegoro, meninggal dunia akibat Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin mengatakan, H meninggal dunia, Rabu (26/8/2020) kemarin, dan sempat dirawat selama tiga hari di rumah sakit.

Hasil tracing dan skrining tim tracing Gugus Tugas, H diduga tertular virus corona dari luar daerah saat mengikuti kegiatan uji kompetensi terkait tenaga keperawatan.

Baca juga: Khofifah Berhentikan Sekda Bondowoso dari Jabatan karena Dugaan Pelanggaran Kode Etik ASN

Sebab, almarhum termasuk orang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan memiliki riwayat bepergian ke daerah dengan transmisi lokal atau memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi (probable) Covid-19.

"Almarhum sebelumnya mengikuti kegiatan uji kompetensi perawat di daerah Nganjuk atau Jombang gitu, lalu ada penyakit bawaan diabetes melitus juga," kata Masirin, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/8/2020).

Adanya perawat yang meninggal akibat Covid-19 tersebut, membuat pelayanan di bagian Instalasi Bedah Sentral RSUD Sosodoro Djatikoesumo, terpaksa ditutup sementara.

"Saat ini, seluruh pegawai di bagian Instalasi Bedah Sentral juga langsung diambil swab-PCR (polymerase chain reaction) dan diliburkan untuk isolasi mandiri," terang dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com