Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Monumen N250 Gatotkaca, Panglima TNI: Bukti Kecintaan Anak Bangsa

Kompas.com - 26/08/2020, 23:06 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

 

YOGYAKARTA,KOMPAS.comPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Rabu (26/08/2020) meresmikan secara langsung pesawat pertama buatan Indonesia, N250 Gatotkaca menjadi koleksi Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Pesawat N-250 Gatotkaca yang dibawa dari PT Dirgantara Indonesia ini menjadi koleksi ke 60 Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Selain Panglima TNI, turut hadir pula dua orang pelaku sejarah pesawat N-250 Gatotkaca. Pertama adalah Kepala Program Pesawat N250 Djoko Sartono. Kedua adalah pilot pesawat N-250 Gatotkaca, Chris Sukarjono.

Secara resmi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara langsung meresmikan N250 Gatotkaca menjadi koleksi Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

"Apa yang ada di hadapan kita sekarang adalah sekali lagi bukti kehebatan dan kecintaan anak bangsa kepada negaranya," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam pidatonya di peresmian pesawat N250 Gatotkaca menjadi koleksi Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Rabu (26/8/2020).

Baca juga: Pesawat N250 Gatotkaca Dimuseumkan, Begini Sejarah Perjalanannya...

Hadi Tjahjanto menyampaikan pesawat N250 Gatotkaca juga merupakan bukti kecintaan anak bangsa kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pesawat N250 Gatotkaca adalah sebuah mahakarya yang telah membuat seluruh rakyat Indonesia bangga.

Pesawat N250 terbang perdana pada 10 Agustus 1995. Penerbangan perdana itu kini ditetapkan sebagai hari kebangkitan teknologi nasional.

"Kebanggan itu masih bergaung sampai hari ini, Kita semua menyaksikan pada waktu itu dan terasa hingga hari ini. Kita pernah menjadi saksi kehebatan pesawat kebanggaan karya IPTN yang sekarang menjadi PT Dirgantara Indonesia, yang diprakarsai oleh Bapak Teknologi Indonesia Almarhum Bapak Prof. Dr. Ing. H. BJ Habibie, Presiden ke 3 Republik Indonesia," tegasnya.

Diungkapkannya, pesawat N250 Gatotkaca mengusung teknologi fly by wire system dan berbagai teknologi canggih saat itu.

Penerbangan pesawat N250 Gatotkaca di langit nusantara dan Eropa telah melambungkan nama Indonesia di dunia penerbangan International.

"Dengan semangat yang sama menempatkan N250 Gatotkaca di Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta bertujuan untuk mengabadikan buah karya terbaik anak bangsa dalam pengembangan teknologi penerbangan," ucapnya.

Baca juga: Pesawat N250 Gatotkaca, Bukti Cinta Habibie yang Tak Berumur Panjang

Peresmian ini juga sebagai bentuk penghargaan yang tinggi kepada Bapak Teknologi Indonesia yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia melalui karya-karyanya termasuk pesawat N250 Gatotkaca.

"Monumen ini dibangun dengan harapan kita semua agar generasi penerus bangsa terinspirasi kegigihan para pendahulu dalam menguasai teknologi kedirgantaraan," jelasnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menyampaikan terima kasih kepada PT Dirgantara Indonesia yang telah menyerahkan pesawat N250 Gatotkaca untuk melengkapi museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

"Kita semua menaruh harapan yang besar kepada PT Dirgantara Indonesia dan seluruh putera terbaik bangsa untuk melanjutkan perjuangan Bapak BJ Habibie, meraih kemandirian dalam teknologi dirgantara, serta membangun Indonesia sebagai bangsa yang maju," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com