Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Siswa Belajar Online, Masjid dan Mushala Dilengkapi Wifi

Kompas.com - 26/08/2020, 16:33 WIB
Masriadi ,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

ACEH TAMIANG, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menyediakan layanan internet (Wifi) di masjid dan mushala di kabupaten itu.

Untuk tahap awal akan dicoba sepuluh titik. Kemudian seterusnya akan dipasang di sebanyak 210 desa dalam kabupaten itu.

Bupati Aceh Tamiang Mursil menyebutkan, pemasangan layanan internet itu khusus untuk seluruh anak sekolah.

Baca juga: Pertahankan Jenazah Pasien Corona, Dokter Ini sampai Dipukul

Selama ini, orangtua dan anak mengeluhkan tidak mampu membayar kuota internet untuk belajar dari rumah selama pandemi Covid-19 atau virus corona.

“Model ini akan kita uji coba dua pekan. Kita evaluasi kendalanya apa. Setelah itu akan kita pasang ke seluruh desa di Tamiang. Jika tak ada masjid di desa itu, akan kita pasang di mushala. Anak-anak bisa menggunakannya untuk belajar,” kata Mursil kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Selain itu, menurut Mursil, jadwal anak belajar dengan internet ini akan disesuaikan dengan jadwal guru, sehingga terjadi sinkronisasi seluruh jam guru dan murid untuk menjalankan proses belajar mengajar.

“Kita ingin itu sejak sore, sekalian anak-anak ini bisa lanjut dengan shalat dan mengaji bersama di masjid dan mushala. Jadi dalam satu waktu, mereka belajar online, lalu mengaji dan shalat bersama di masjid,” kata dia.

Musril menyebutkan, apabila sukses, program ini bisa dijadikan model nasional di Tanah Air untuk mengatasi kendala belajar selama pandemi corona.

“Kita mulai pekan ini. Semoga lancar saja tak ada kendala berarti. Ini kemarin kita rapat dengan seluruh pihak baik Dinas Pendidikan, Kementerian Agama dan forum pimpinan daerah,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com