Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Penyuntikan Calon Vaksin Covid-19 Gelombang 2, Sejumlah Pejabat Jadi Relawan Uji Klinis

Kompas.com - 24/08/2020, 14:37 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19 dari Sinovac, China, tahap kedua akan dimulai besok, Selasa (25/8/2020).

“Rencananya akan ada 100-120 subyek yang disuntik vaksin dalam gelombang kedua ini,” ujar Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Unpad, Rodman Tarigan saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Rodman menjelaskan, relawan yang akan disuntikkan vaksin setelah mereka dinyatakan negatif Covid-19.

Baca juga: Sudah 110 Relawan Uji Klinis Disuntik Calon Vaksin Covid-19, Ini Aneka Reaksinya

Penyuntikan dilakukan di enam tempat. Yakni Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur, Puskesmas Garuda, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Dago, dan Puskesmas Ciumbuleuit.

Untuk tahap pertama, sebanyak 110 relawan yang sudah disuntik calon vaksin dari China tersebut.

Pada gelombang kedua ini, sejumlah pejabat dikabarkan akan menjadi relawan uji klinis Covid-19. Salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca juga: Ridwan Kamil Tegaskan Belum Disuntik Vaksin Covid-19, Siapkan Dulu Fisik

Berita sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan akan menjalani penyuntikan calon vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Selain dia, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi akan turut menjadi relawan.

"Kami bertiga terjadwal di tanggal 25 ya, tanggal 25 itu hari Selasa. Jadi hari Selasa mohon izin Pak Kasad, Pak Wakapolri, kami akan menjadi relawan di sana bersama masyarakat, dan dilakukan penyuntikan vaksin," kata Emil, sapaan akrabnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com