Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Jejak Akhir N-250 "Sang Gatotkaca" Kebanggaan Indonesia

Kompas.com - 21/08/2020, 15:36 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Perjalanan lebih kurang 567 kilometer ditempuh petugas membawa badan pesawat pertama buatan Indonesia, N-250 Gatotkaca dari Bandung menuju Yogyaarta.

Pada hari Jumat (21/8/2020), pesawat itu akhirnya tiba di Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, sekitar pukul 04.30 WIB.

Pesawat kebanggaan Indonesia itu akan menjadi salah satu koleksi ke-60 di museum tersebut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto saat menjelaskan kepada wartawan terkait perjalanan membawa Pesawat N-250 Gatotkaca dari PT Dirgantara Indonesia menuju ke Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto saat menjelaskan kepada wartawan terkait perjalanan membawa Pesawat N-250 Gatotkaca dari PT Dirgantara Indonesia menuju ke Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

"Ini akan menjadi koleksi dari seluruh pesawat-pesawat yang ada di Indonesia, jadi museum ini adalah Muspusdirla, kami sudah mengoleksi 59 pesawat dari berbagai negara. Ini menjadi koleksi yang ke 60 dan inilah yang buatan Indonesia," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto, saat ditemui di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Jumat.

Fajar mengatakan, pesawat itu adalah kebanggaan Indonesia dan murni digagas oleh BJ Habibie.

Sejatinya, rencana membawa pesawat N-250 ke museum di Yogyakarta sudah digagas lama oleh Panglima TNI AU Marsekal Hadi Tjahjono semasa menjabat Kasau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com