Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Libur Panjang, Jalur Puncak Bogor Diprediksi Padat, Polisi Akan Berlakukan Sistem "One Way"

Kompas.com - 21/08/2020, 06:28 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kepadatan volume kendaraan diprediksi akan terjadi saat akhir pekan nanti tepat pada Sabtu (22/8/2020) hingga Minggu (23/8/2020).

Sebab, arus lalu lintas yang mengarah ke Puncak Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan sejak berlangsungnya libur panjang Tahun Baru Islam 1442 H.

"Prediksi puncaknya (kepadatan arus lalu lintas) hari Sabtu karena banyaknya kendaraan wisatawan yang akan ke arah Puncak Bogor dan arah sebaliknya," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda, Kamis (20/8/2020).

Baca juga: Puncak Bogor Macet Parah pada Malam HUT Ke-75 RI, Taman Safari: Bukan Salah Kami

Supaya tidak terjadi kemacetan, Kepolisian Resor Bogor akan terus memberlakukan rekayasa one way atau satu arah secara bergantian.

Adapun durasi pemberlakuan one way tersebut tentunya akan bersifat tentatif.

Yang jelas, kata Fitria, one way akan dihentikan atau berakhir setelah kendaraan dari arah Puncak ke Jakarta atau sebaliknya perlahan berkurang.

"Saya sudah sering kali sampaikan, waktu one way itu situasional, kita melihat volume kendaraan, karena one way untuk menguras kendaraan," ujar dia.

Baca juga: Warganya Meninggal karena Covid-19, Alami Happy Hypoxia, Bupati Banyumas: Orangnya Kelihatan Gembira, Tak Batuk Pilek

Selain itu, pihaknya juga telah menyiagakan sebanyak 360 personel gabungan dari berbagai instansi di wilayah Kabupaten Bogor.

Jumlah personel gabungan tersebut terdiri dari 200 personel Polres Bogor, 20 personel TNI, 60 personel Dinas Perhubungan, 50 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan 30 personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Mereka akan disebar di 10 lokasi titik yang rawan kemacetan dan penumpukan kendaraan di sepanjang jalur Puncak.

Seperti diketahui, 10 titik rawan kemacetan itu, yakni Simpang Gadog, Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamendung, Cisarua, Jatiwangi, Taman Safari Indonesia, Ciburial, Gunung Mas, dan Masjid Attawun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com