Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Indonesia Tegal Siapkan 1,3 Juta Lembar Uang Baru Pecahan Rp 75.000

Kompas.com - 19/08/2020, 12:59 WIB
Tresno Setiadi,
Khairina

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal menyiapkan 1,3 juta lembar uang peringatan kemerdekaan (UPK) pecahan Rp. 75.000 untuk diedarkan di wilayah eks Karesidenan Pekalongan, Jawa Tengah.

Kepala KPw BI Tegal Taufik Amrozy mengatakan, masyarakat yang ingin memiliki uang baru edisi khusus Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia itu bisa menukarnya satu orang satu lembar.

"Pemesanan secara online melalui aplikasi PINTAR di laman http://pintar.bi.go.id. Satu orang hanya bisa menukarkan satu lembar dengan menunjukkan KTP," kata Taufik, saat meluncurkan uang tahun emisi 2020 tersebut di Kantor KPW BI Tegal, Selasa (18/8/2020).

Baca juga: Uang Edisi Khusus Kemerdekaan Rp 75.000 Dicetak Terbatas, Ganjar: Disarankan Jangan Dibelanjakan

Taufik mengatakan, penukaran uang dibatasi maksimal 150 orang per hari.

Hal itu dilakukan untuk menghindari antrean panjang mengingat masih di tengah pandemi Covid-19.

"Kita batasi setiap hari 150 untuk menjaga protokol Covid-19. Penukaran di Kantor BI sebagai periode pertama dimulai 18 Agustus hingga 30 September," kata Taufik.

Sementara periode pemesanan penukaran tahap dua dimulai 2 Oktober sampai dengan seluruh lembar uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia ditukarkan oleh masyarakat.

"Lima bank umum yang ditunjuk yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan CIMB Niaga," terangnya.

Baca juga: Ganjar Orang Pertama di Jawa Tengah Miliki Uang Rp 75.000 Edisi Khusus Kemerdekaan

Dalam kesempatan itu Taufik kembali menginformasikan, bahwa makna atau filosofi umum desain UPK itu sebagai ungkapan mensyukuri kemerdekaan.

"Kemudian memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan gemilang Indonesia maju 2045 . Banyak simbol gambar sebagai wujud mensyukuri kemerdekaan di UPK ini," ucap Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com