Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Medis Positif Covid-19, RSUD Waluyo Jati Probolinggo Ditutup Sementara

Kompas.com - 19/08/2020, 06:20 WIB
Ahmad Faisol,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, ditutup sementara karena ada tenaga medis yang dinyatakan positif Covid-19.

Juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Probolinggo Anang Budi Yoelijanto mengatakan, RSUD Waluyo Jati ditutup sejak Rabu (19/8/2020) pukul 00:00 WIB.

Baca juga: Dua Gempa Magnitudo 6,9 dan 6,8 Kedalaman 10 Km Gemparkan Ribuan Warga Bengkulu

“Rabu hingga Jumat (21/8/2020) ditutup. Insya Allah Sabtu sudah dibuka,” kata Anang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

Anang tidak memerinci identitas atau latar belakang pasien positif Covid-19 tersebut. Ia menyebutkan, pasien positif itu merupakan keluarga besar dari RSUD Waluyo Jati.

Menurut Anang, sesuai arahan Satgas Covid-19 setempat, tim melakukan sterilisasi dan disinfeksi seluruh ruangan rumah sakit untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tim juga melakukan tracing terhadap warga dan tenaga medis yang melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 itu.

Baca juga: Cerita Orangtua yang Anaknya Ada di Uang Rp 75.000: Saat Pemotretan Katanya Rahasia

Untuk sementara, pelayanan operasional rawat jalan dan gawat darurat untuk sementara dialihkan ke rumah sakit terdekat. Sementara, pasien rawat inap tetap ditangani RSUD Waluuyo Jati.

“Siapapun tidak usah takut dan ragu datang ke rumah sakit swasta. Untuk masyarakat miskin tidak usah takut walaupun ke rumah sakit swasta dan tetap akan dilayani dengan baik. Kalau punya BPJS tetap tidak berbayar di rumah sakit swasta. Kita sudah meynampaikan bahwa yang miskin tetap akan gratis seperti biasanya karena semua ditanggung pemda,” ujar Anang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com