Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, Operasional 4 Puskesmas di Banyumas Dihentikan

Kompas.com - 14/08/2020, 11:40 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak empat puskesmas di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dihentikan setelah sembilan tenaga kesehatan di puskesmas tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, keempat puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Somegede, Puskesmas Jatilawang, Puskesmas 1 Wangon dan Puskesmas 1 Cilongok.

"Puskesmas Somegede ada empat tenaga kesehatan (yang terkonfirmasi Covid-19, Jatilawang ada satu, Wangon ada satu dan Cilongok sebenarnya ada tiga, tapi kami belum menerima hasilnya secara resmi," kata Sadiyanto seusai rapat paripurna di Gedung DPRD Banyumas, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Covid-19 di Banyumas Belum Terkendali, Masyarakat Dilarang Gelar Lomba 17-an

Sadiyanto mengatakan, temuan tersebut berdasarkan hasil tes swab massal terhadap berbagai kelompok masyarakat, salah satunya tenaga kesehatan.

"Kami telah melakukan swab lanjutan, saya takutnya swab gelombang kedua ini ada yang positif lagi, jadi sebelum keluar (hasilnya) pelayanan puskesmas dialihkan dulu ke puskesmas terdekat, buka ditutup," ujar Sadiyanto.

Baca juga: Perbankan di Banyumas Diminta Fasilitasi Tes Swab Karyawan

Dirinya belum dapat memastikan kapan puskesmas tersebut akan beroperasi kembali.

Selama peralihan pelayanan, kata Sadiyanto, pihaknya melakukan sterilisasi di empat puskesmas tersebut.

"Peralihan pelayanan dimulai hari ini, sampai hasil lab berikutnya keluar, tidak lebih dari tiga hari. Kalau nanti sore hasilnya sudah keluar, besok bisa dibuka kembali," pungkas Sadiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com