Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Munculkan 12 Kasus Covid-19, RS SMC Jadi Klaster Baru di Samarinda

Kompas.com - 12/08/2020, 22:24 WIB
Zakarias Demon Daton,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kota Samarinda mengumumkan klaster baru Covid-19 dari Rumah Sakit Samarinda Medika Citra (SMC) dengan 12 kasus positif, Rabu (12/8/2020).

Belasan kasus positif tersebut terdiri dari para tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit swasta tersebut dan beberapa anggota keluarganya.

“Disebut klaster RS SMC karena ada beberapa nakes dari rumah sakit itu dan anggota keluarganya yang kena,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismed Kosasih saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Klaster Kapolsek Kundur Bertambah, Pulau Kundur di Karimun Zona Merah

Mengenai sumber penularan, Ismed mengaku masih sulit diidentifikasi karena Samarinda sudah memasuki tahap transmisi lokal.

“Nakes itu juga makhluk sosial. Setelah pulang kerja, dia berbaur dengan masyarakat umum. Jadi dia bisa saja kena di rumah sakit, bisa juga kena di luar karena transmisi lokal,” tutur dia.

Saat ini mereka sedang jalani isolasi mandiri.

Dikonfirmasi terpisah, Humas RS SMC Aldo belum bisa memberikan keterangan resmi atas penetapan klaster dan jumlah kasus tersebut.

Sebab, saat ini tim khusus di RS SMC tengah menelusuri sumber penularan.

“Kami belum bisa memberikan keterangan lebih jauh karena kami harus koordinasi dengan manajemen,” tuturnya.

Baca juga: Disebut Klaster Baru Penyebaran Covid, Ini Reaksi RS Azra Bogor

RS SMC telah menutup sementara layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) selama 24 jam sejak Rabu (12/8/2020) hingga Kamis (13/8/2020) karena proses sterilisasi.

“Itu kegiatan rutin kami lakukan. Kami berhentikan sementara layanan, bersihkan juga pasang alat sinar ultraviolet untuk membunuh kuman,” sebut Aldo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com