Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Bawa Kabur Mobil Mewah, Mengaku Anak Anggota DPRD dan Saudara Menkeu Sri Mulyani

Kompas.com - 12/08/2020, 17:15 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - R (17), remaja putus sekolah asal Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, sebagai pelaku pencurian mobil mewah milik anggota Kepolisian dan sempat mencuri mobil milik mantan Kapolda Jabar Anton Charliyan, mengaku sebagai anak anggota dewan dan saudara Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Korban pun sempat mempercayai perkataan pelaku yang mengaku akan membeli mobil tersebut serta membiarkan melakukan tes drive seorang diri.

"Iya pak, saya mengaku ke pemilik mobil sebagai anak anggota dewan Kota Tasikmalaya, ibu sebagai pengusaha sukses, dan saudara dari Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani," jelas pelaku di hadapan anggota Timsus Reskrim Polresta Tasikmalaya, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Ulah Remaja Tasikmalaya: Dulu Curi Mobil Mantan Kapolda Jabar, kini Bawa Kabur CRV Milik Keluarga Polisi

Pelaku pun selama ini memakai barang curian tersebut hanya untuk terlihat sebagai orang kaya raya.

Padahal selama kabur membawa mobil mewah curiannya, pelaku sempat mengisi bensin di salah satu Pom Bensin wilayah Cihaurbeuti, Ciamis, tanpa membayar dan kabur.

Pelaku pun mengaku lapar saat pelariannya di daerah Bandung, dan kabur membawa jajanan cilok dengan cara menggas mobil curiannya.

"Saya juga sempat berhenti di kios dan mengambil makanan ringan, sama saya kabur juga tak bayar. Soalnya saya saat bawa mobil mewah itu tak punya uang sepeser pun," tambahnya.

Baca juga: Seorang Siswa SMA Tasikmalaya Nekat Curi Mobil Mantan Kapolda Jabar

Tantang korban siap bayar tunai

Hal itu dibenarkan oleh Kanit Ranmor Reskrim Polresta Tasikmalaya, Inspektur Dua Pramono, yang bersama anggotanya memeriksa langsung pelaku untuk mengungkap kasus tersebut.

Bahkan sesuai keterangan pelaku juga, lanjut Pramono, pelaku sempat menantang korban dengan siap langsung membayar tunai harga mobil yang ditawarkan sampai Rp 500 juta lebih sebelum membawa kabur mobil hasil curian.

"Pelaku juga mengaku kepada korban akan segera membayar tunai mobil tersebut sebelum akan mengetes mobil itu sendirian. Jadi, saat itu korban percaya terlebih pelaku mengaku sebagai anak anggota dewan," pungkasnya.

Baca juga: Siswa SMA Tasikmalaya Curi Mobil Mantan Kapolda Jabar, Awalnya Bawa Kabur Motor

Diberitakan sebelumnya, R (17), remaja putus sekolah asal Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, yang sempat ditangkap karena mencuri mobil mantan Kepala Polda Jabar Irjen (Purn) Anton Charliyan April lalu, diketahui beraksi kembali membawa kabur mobil mewah milik keluarga anggota Kepolisian.

Saat itu, pelaku masih diberi maaf oleh mantan Kapolda Jabar tidak diproses hukum karena statusnya salah satu siswa kelas XI SMA di Kota Tasikmalaya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com