Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lutung Jawa Ditemukan Tergantung, BBKSDA Jatim Selidiki Dugaan Perburuan Liar

Kompas.com - 11/08/2020, 22:00 WIB
Andi Hartik,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur menyelidiki dugaan perburuan liar di hutan kawasan Dau, Kabupaten Malang.

Penyelidikan dilakukan setelah penemuan bangkai lutung jawa yang tergantung di pohon.

Baca juga: Warga Tak Pinjamkan Cangkul, Petugas Kuburkan Jenazah Covid-19 Pakai Tangan

 

"Hari ini kita menindaklanjuti adanya perburuan satwa liar di mana salah satunya diketahui jenis lutung," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Probolinggo BBKSDA Jawa Timur Mamat Ruhimat di Kantor ProFauna Indonesia, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Selasa (11/8/2020).

Mamat bersama petugas Perhutani Malang dan tim dari ProFauna Indonesia telah mendatangi lokasi penemuan bangkai lutung jawa itu.

Di lokasi, mereka menemukan dua tangan lutung jawa. Sementara kepala dan kulit tubuh lutung jawa yang tergantung di pohon sudah tak ada.

"Tadi kami bersama tim ke lokasi. Kebetulan ditemukan hanya bagian tangan. Namun demikian ini salah satu langkah kami untuk mengungkap perburuan liar," jelasnya.

Mamat memperkirakan, seekor primata dengan nama latin Trachypithecus auratus itu ditangkap dengan cara ditembak.

Mamat menduga, pelaku mengetahui upaya penyelidikan ini. Sehingga mereka kembali mendatangi lokasi dan berusaha menghilangkan jejak dengan cara membuang bangkai lutung yang digantung.

"Pelaku memantau (informasi). Sehingga berusaha menghilangkan jejak. Kepala sudah tidak ada. Yang ada hanya tangannya," jelasnya.

Kepala Resort Kepangkuan Hutan Oro-oro Ombo Kota Batu Perhutani Malang, Hadi Mutofa mengatakan, bangkai lutung jawa itu ditemukan di petak 212. Hutan itu berstatus hutan lindung seluas 1.116,6 hektar.

"Petak 212 ini kelas hutan lindung. Terdapat jalur pendakian menuju Gunung Butak," katanya.

Jarak lokasi ditemukannya bangkai lutung jawa bekas perburuan liar itu sejauh tujuh kilometer dari perumahan penduduk.

Baca juga: Seekor Lutung Jawa Ditemukan Mati Tergantung, Tersisa Kulit dan Kepala

Sebelumnya diberitakan, ProFauna Indonesia, lembaga non-pemerintah yang fokus pada perlindungan satwa dan hutan mendapat laporan tentang perburuan liar di hutan kawasan Dau, Kabupaten Malang pada Senin (10/8/2020).

Barang bukti yang didapat ProFauna berupa foto lutung jawa yang tergantung di pohon. Saat itu, lutung jawa diduga korban perburuan liar itu tersisa kulit dan kepala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com