Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan di Banyumas Diminta Fasilitasi Tes Swab Karyawan

Kompas.com - 11/08/2020, 21:50 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Seluruh perbankan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diminta memfasilitasi tes swab terhadap karyawannya.

Hal itu menyusul ditemukannya 12 karyawan Bank Syariah Mandiri Purwokerto terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil tes swab secara mandiri.

"Ini adalah contoh yang perlu diteladani dari salah satu perbankan, yaitu Bank Syariah Mandiri," kata Husein melalui siaran pers, Selasa (11/8/2020) malam.

Tes swab yang dilakukan secara mandiri oleh manajemen Bank Syariah Mandiri, kata Husein, perlu ditiru oleh perbankan atau perkantoran yang lain.

"Saya akan menyurati seluruh perbankan yang ada di Banyumas untuk melakukan hal yang sama. Tidak harus menunggu ada salah satu yang terkena gejala atau tidak, perbankan atau perkantoran melakukan tes mandiri," ujar Husein.

Baca juga: Pasien Covid-19 yang Meninggal di Banyumas Bertambah, Satu Kampung di-Lockdown

Menurut Husein, tes swab secara masif akan lebih memudahkan penanganan Covid-19.

"Kita semua harus melacak sedetail-detailnya. Lebih baik kita tahu siapa yang positif, meski kemudian menjadi bertambah banyak yang terkonfirmasi daripada kita membiarkan dan kita tidak tahu siapa berkeliaran di mana-mana," kata Husein.

Pasien yang terkonfirmasi, kata Husein, akan diisolasi sehingga penyebaran Covid19 tidak semakin meluas.

"Lebih baik kita kumpulkan satu-satu, kemudian kita isolasi. Kita beri mereka kesempatan sehat kembali, tanpa harus kontak dengan yang lain," ujar Husein.

Baca juga: PNS Penolak Pemakaman Jenazah Covid-19 di Banyumas Divonis 3,5 Bulan Penjara

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 12 karyawan Bank Mandiri Syariah Purwokerto, Kabupaten Banyumas dilaporkan terkonfirmasi Covid-19.

Husein mengatakan, atas temuan tersebut manajemen bank menutup pelayanan kepada masyarakat selama tiga hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com