Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 35 Santri di Pati Positif Covid-19

Kompas.com - 11/08/2020, 18:31 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PATI, KOMPAS.com - Sebanyak 35 orang santri di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif Covid-19.

"Total 35 santri di salah satu Ponpes di Desa Kajen positif Covid-19 setelah beberapa hari lalu ada penambahan 26 santri yang positif Covid-19," terang Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati Haryanto saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Sebelumnya, pada awal Agustus ini terdapat sembilan orang santri di salah satu pondok pesantren dinyatakan positif corona.

Selanjutnya digelar tes swab secara bertahap kepada 96 santri, kemudian diketahui adanya penambahan 26 santri positif corona.

"Kemungkinan tertular dari salah satu keluarga ponpes karena ada riwayat keluarga yang baru datang dari Jakarta," ungkap Haryanto.

Baca juga: 6 Camat Positif Covid-19, Dinkes Pati Lakukan Tracing Kontak

Menurut Haryanto, sebanyak 26 santri positif Covid-19 terbaru sudah menjalani isolasi mandiri di Pondok Pesantren setempat.

Sementara sembilan santri yang terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19 masih menjalani isolasi mandiri di Hotel Kencana Pati.

"Jika yang di hotel kencana sudah sembuh, maka yang diisolasi di ponpes akan dipindahkan ke hotel kencana," kata Haryanto.

Baca juga: Bayi Usia 8 Hari di Kudus Meninggal, Terkonfirmasi Positif Covid-19

Berdasarkan hasil Koordinasi tim GTPP Covid-19 Kabupaten Pati dengan pengasuh pondok pesantren diputuskan santri yang negatif Covid-19 telah dipulangkan ke daerah asalnya.

"Untuk santri yang dari luar Jawa juga dipulangkan dengan ditempatkan di lokasi aman sembari nunggu jemputan keluarganya," pungkas Haryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com