Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Kewalahan Awasi Pelanggar Protokol Covid-19 di Malioboro

Kompas.com - 10/08/2020, 19:12 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Petugas Jogoboro kewalahan mengawasi wisatawan yang melanggar protokol Covid-19 di Malioboro, Yogyakarta.

"Jogoboro kewalahan, dalam artian karena petugas kami hanya bisa melayani pengunjung di zona-zona. Kita tidak bisa mengurai kerumunan karena tidak bisa mobile," ujar Kepala UPT Malioboro Ekwanto saat dihubungi wartawan, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Kusir Andong di Malioboro Kini Pakai Masker, Face Shield, dan Tirai Pembatas

Untuk melakukan patroli dan sosialisasi protokol kesehatan, kata dia, pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Pasalnya, dari 36 personel Jogoboro, hanya 24 orang yang sehari-hari bertugas secara bergantian di Malioboro.

"Kami harus bekerja ekstra saat akhir pekan dan menerjunkan seluruh personil sebanyak 36 orang, yang disebar di 5 zona malioboro," katanya.

Baca juga: Selain Pakai Masker, Pengunjung yang Masuk Malioboro Wajib Scan Barcode

Pada 5 zona tersebut, petugas melakukan pengecekan suhu tubuh dan mengarahkan pengunjung untuk pindai QR Code dan mengisi data diri yang bertujuan jika terjadi kasus penularan dapat melakukan tracing dengan cepat.

"Kalau weekdays pengunjung sekitar 600-700, saat akhir pekan pengunjung 1000-2000 orang. Saking ramainya, kami terpaksa tidak bisa satu jalur, dan tidak bisa menyebrangkan pengunjung," katanya.

Dia memaparkan, selama akhir pekan didominasi oleh kendaraan pribadi dan hanya ada beberapa rombongan bus yang berkunjung ke Yogyakarta.

"Kebanyakan dari luar seperti Purworejo, Magelang, Klaten," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com