Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kesehatan Calon Kepala Daerah Bangka Belitung Kini Tak Lagi di Jakarta

Kompas.com - 08/08/2020, 07:45 WIB
Heru Dahnur ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah dari empat kabupaten di Kepulauan Bangka Belitung direncanakan tidak dirujuk ke rumah sakit di Jakarta.

Melalui kerja sama sister hospitals, lokasi pemeriksaan kesehatan bakal dipusatkan di RSUD Ir Soekarno Bangka Belitung yang berstatus Tipe B dengan standar layanan paripurna bintang lima.

"Dari segi sarana prasarana kita sudah siap. Begitu juga tenaga medisnya. Ada BNN, dokter kejiwaan dan penyakit dalam. Semuanya lengkap," kata Direktur RSUD Ir Soekarno, Armayani Rusli, seusai rapat koordinasi di Pangkalpinang, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Ada Rekomendasi Luhut, Mineral Langka Bangka Belitung Thorium Akan Dijadikan Listrik

Armayani menuturkan, meskipun pemeriksaan kesehatan dilakukan di Kepulauan Bangka Belitung, pihaknya tetap berkoordinasi dengan rumah sakit yang telah berpengalaman memeriksa calon kepala daerah. Misalnya RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Nanti melalui persetujuan bapak gubernur, perwakilan RSUD, KPU, IDI dan pihak terkait lainnya akan studi banding. Apa saja yang perlu diantisipasi untuk pelaksanaan di daerah ini," ujar Armayani.

Pemeriksaan kesehatan di daerah, kata Armayani, juga bagian persiapan untuk menyambut Pemilu 2024.

"Kalau bukan sekarang, kapan lagi daerah bisa belajar dan mempersiapkan diri untuk pilkada ini," ucapnya.

Perwakilan KPU Bangka Barat, Pardi, menyambut positif rencana pemeriksaan calon kepala daerah di rumah sakit milik provinsi tersebut.

"Pada prinsipnya kami mendukung jika RSUD sudah siap. Hanya yang perlu diperhatikan seperti soal biaya, komponen pemeriksaan dan kalau bisa ada rekomendasi dari rumah sakit yang berpengalaman jika bisa dilakukan di daerah," ujar Pardi.

Baca juga: Kasus DBD di Bangka Belitung Mencapai 695 Kasus

Pada Pilkada 2020 ada empat kabupaten di Kepulauan Bangka Belitung yang akan ambil bagian. Yakni Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Belitung Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com