Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tjahjo Kumolo: Cornelis Lay Sosok yang Konsisten di Dunia Intelektual

Kompas.com - 05/08/2020, 16:52 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo datang melayat ke rumah duka Cornelis Lay di Perum Cemara Blok F-13 Krodan RT 13/ RW 71 Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Di mata Tjahjo Kumolo, Cornelis Lay merupakan sosok yang konsisten di dunia intelektual.

Sekitar pukul 12.40 WIB, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo tiba di rumah duka.

Tjahjo Kumolo lantas menunggu jenazah Cornelis Lay di rumah duka.

Baca juga: Cornelis Lay Tutup Usia, PDI-P Nilai Pemikirannya Akan Terus Bersemi

Sekitar pukul 13.23 WIB, mobil ambulans yang membawa jenazah Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) ini tiba di rumah duka.

Tjahjo Kumolo lantas menyambut kedatangan jenazah sekaligus menyampaikan turut berduka cita kepada istri almarhum Cornelis Lay.

"Prof Cornelis bagi saya sudah seperti kakak saya, senior saya," ujar Tjahjo Kumolo saat ditemui usai melayat, Rabu (5/8/2020).

Tjahjo Kumolo menyampaikan, sejak menjabat menjadi Sekjen PDIP, ketua tim sukses Joko Widodo baik saat maju menjadi Gubernur DKI, maupun Pilpres, Cornelis Lay selalu mendampinginya.

Bahkan, saat dirinya menjabat sebagai Mendagri, Cornelis Lay juga mendampingi.

"Kita saling telepon, kalau saya ke Yogya saya pasti ke sini. Waktu sakit di Singapura saya juga mengunjungi ke sana," ungkapnya.

Menurutnya, Cornelis Lay merupakan pribadi yang konsisten dalam dunia intelektual. Meskipun dekat dengan partai, namun Cornelis tetap independen.

"Dia dekat dengan kekuasaan, dekat dengan partai tetapi dia tidak ingin, dia tetap konsisten di dunia intelektual sampai meraih gelar profesor dan doktor. Banyak pikiran-pikiran segar dari beliau," tuturnya.

Baca juga: Cornelis Lay Meninggal, Presiden Joko Widodo hingga Ganjar Pranowo Kirim Karangan Bunga

"Pak Jokowi jadi gubernur sampai presiden, salah satu tim sukses ya Pak Cornelis," imbuhnya.

Cornelis Lay lanjutnya sangat memahami pemikiran-pemikiran Bung Karno. Ia seorang yang idealis dan ingin mengabdikan keilmuanya.

Kepergian Cornelis Lay menyisakan duka bagi Tjahjo Kumolo. Menteri PAN RB ini pun merasa kehilangan atas kepergian Cornelis Lay.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com