Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Nakes dan 1 Petugas Kebersihan RSUD 45 Kuningan Positif Covid-19

Kompas.com - 04/08/2020, 12:10 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUNINGAN, KOMPAS.com - Sebanyak 19 petugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) 45 Kabupaten Kuningan Jawa Barat, dinyatakan Positif Covid-19. Sejumlah pelayanan dibatasi untuk meminimalisasi potensi penyebaran di lingkungan Rumah Sakit.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama RSUD 45 Dr. Deki Saifullah kepada Kompas.com Senin malam (3/7/2020). Deki menerangkan, kabar resmi adanya 19 petugas RSUD 45 Positif Covid-19 diterima pada Jumat 1 Agustus 2020. Hal itu berdasarkan surat yang dikirimkan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan kepada jajaran Direksi RSUD 45.

Baca juga: 29 Nakes RSUD Wonogiri Terpapar Corona, Pemkab Tarik Dokter dan Perawat RS Swasta

"Ada delapan belas tenaga medis dan satu cleaning servis terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan pada 1 Agustus 2020. Jajaran direksi langsung menggelar rapat untuk mengambil langkah-langkah stategis, " kata Dr. Deki kepada Kompas.com.

Deki menceritakan, awalnya RSUD45 menggelar swab massal di lingkungan rumah sakit kepada sebanyak 65 orang petugas pada 25 Juli. Hasil Swab  itu langsung dibawa ke provinsi untuk dilakukan pemeriksaan. 1 Agustus 2020, hasilnya diterima bahwa ada 19 orang positif sedangkan 46 petugas lainnya negatif.

Jajaran direksi RSUD 45 langsung menggelar rapat pada 1 Agustus dan menentukan langkah-langkah strategis. Pertama, pihaknya mengevakuasi 19 petugas yang dinyatakan positif ke rumah sakit khusus penanganan Covid-19. Ke 19 petugas diisolasi dan mendapatkan penanganan Covid-19.

Baca juga: 14 Dokter Meninggal dalam Sepekan, Kenapa Banyak Nakes Terinfeksi Covid-19?

Deki menerangkan, RSUD 45 tetap melakukan pelayanan terhadap sejumlah warga yang hendak melakukan pengobatan. Namun, tiap pasien perlu memerhatikan tata cara dan prosedur protokol yang diterapkan. Hal ini harus dilakukan guna meminimalisasi potensi penyebaran Covid-19.

Hingga saat ini, Deki masih dan terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menangani penyebaran Covid-19 khusus di RSUD 45.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com