Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Menko PMK Doakan Korban Banjir Bandang Saat Jadi Khatib Shalat Idul Adha di Masamba

Kompas.com - 01/08/2020, 08:53 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi menjadi khatib dalam salat Idul Adha di halaman Kantor Bupati Luwu Utara, Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Jumat (31/7/2020).

Dalam khotbahnya, Muhajir menyatakan bahwa tahun ini dunia sedang mendapat ujian karena pandemi Covid-19. Tak hanya itu, ujian lain juga harus dihadapi masyarakat Luwu Utara karena banjir bandang yang terjadi bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1441 H.

“Ini ujian yang luar biasa bagi Sulawesi Selatan, khususnya Luwu Utara,” ujarnya.

Seperti diketahui, banjir bandang akibat meluapnya tiga sungai di Luwu Utara, yakni Sungai Rongkong di Kecamatan Sabbang, Sungai Meli di Kecamatan Baebunta, dan Sungai Masamba di Masamba, telah memakan puluhan korban jiwa.

Baca juga: Iba dengan Anak di Pengungsian Banjir Bandang Masamba, Ifanta Rela Jadi Pemotong Kuku

Muhajir pun memimpin para jemaah yang kebanyakan para pengungsi untuk berdoa agar para korban yang wafat mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

“Mari kita panjatkan doa, semoga saudara-saudara yang telah mendahului kita mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT. Al-Fatihah,” pimpinnya.

Ia juga menambahkan bahwa seseorang yang meninggal akibat terkena wabah dan bencana akan mendapatkan kedudukan tertinggi.

“Sebagaimana yang telah dijanjikan Allah SWT bahwa seseorang yang meninggal karena terkena wabah atau mati karena bencana, insyaallah akan mati syahid,” jelas Muhajir.

Baca juga: Menteri Muhadjir Rayakan Idul Adha bersama Pengungsi Banjir Luwu Utara

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Anggota DPR-RI Muhammad Fauzi, Sekretaris Utama BNPB Pusat, Staf Ahli Kementerian Sosial, Ketua dan Anggota DPRD Luwu Utara, unsur Forkopimda, serta jajaran pemerintah daerah.

Usai salat Idul Adha, Muhajir menyerahkan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo berupa satu ekor sapi kepada Bupati Luwu Utara. Tak ketinggalan, Muhajir sendiri juga menyerahkan satu ekor hewan kurban.

Kepala BNPB Doni Monardo dan Sekretaris Utama BNPB juga menyerahkan masing-masing satu ekor hewan kurban. Total hewan kurban yang diserahkan kepada Bupati Luwu Utara sejumlah 311 ekor sapi dan 28 ekor kambing. 

Baca juga: Saat Pengungsi Banjir Luwu Utara yang Non-Muslim Ikut Meramaikan Malam Takbiran

Hewan kurban tersebut datang dari Karo Umum BNPB Andi Eviana, Kepala Staf TNI-AD, Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Wagub Sulsel, Bupati Bone, Dinsos Lutra, DKP, Taruna Merah Putih, PDIP, Bank Sulselbar, Malangke, Mappedeceng, Baebunta Selatan, dan Dompet Dhuafa Peduli. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com