Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Ini Gelar Belajar Online untuk Siswanya Tanpa Kuota Internet

Kompas.com - 28/07/2020, 19:06 WIB
Rahmadhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Mengurangi beban orangtua siswa, SMPN 6 Kota Padang Panjang menciptakan inovasi belajar daring tanpa kuota internet.

Kepala SMPN 6 Padang Panjang Muji Sirwanto menjelaskan, inovasi ini dilatarbelakangi kondisi orangtua siswa yang rata-rata buruh tani dan kondisi wilayah yang berbukit.

"Jika harus mempergunakan kuota internet yang dibeli tentu akan memberatkan orangtua siswa. Ditambah lagi kondisi tempat tinggal siswa di daerah perbukitan, siswa kesulitan mendapatkan sinyal," ucap Muji ketika dihubungi, Selasa (28/7/2020).

Baca juga: Rahasia Budi Sediakan Internet Murah untuk 1 Kampung di Garut

Muji menyebutkan, inovasi yang dilakukannya adalah dengan menciptakan alat yang diberi nama Remote Area Community Hotspot for Education and Learning (RACHEL).

Komponen RACHEL terdiri dari Raspberry P, adaptor, SD card 128 GB, dan penunjang lainnya, yang menampung seluruh tugas maupun pembelajaran baik berupa video modul-modul maupun buku elektronik.

Alat ditempatkan di daerah yang banyak dihuni siswa dan mudah dijangkau oleh mereka. Siswa bisa menjangkau alat ini dengan menghidupkan wifi pada ponsel android dengan radius 150 meter.

Kemudian siswa mengunduh aplikasi RACHEL yang berisi materi ajar beserta tugas. Konten tugas terus diperbaharui oleh guru seminggu sekali.

"Satu sekali seminggu siswa akan mendekati spot yang telah ditentukan untuk men-download materi dan tugas, kemudian mereka pulang mengerjakan tugas. Setelah itu datang lagi untuk meng-upload tugas yang sudah dikerjakan," terang Muji.

Sementara untuk biaya pembuatan RACHEL ini, Muji mengaku diambil dari uang pribadinya dengan dibantu donatur.

"Dibutuhkan dana sekitar 24 juta rupiah di mana masing-masing alat membutuhkan anggaran sekitar 4 juta rupiah," ucapnya.

Baca juga: Berkat Pria Ini, 1 Kampung Nikmati Internet Rp 33.000 Per Bulan dan Siswa Bisa Belajar Online

Inovasi yang dibuat oleh SMPN 6 Padang Panjang ini telah menarik perhatian banyak pihak, termasuk Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Senin (27/7/2020) lalu Muji telah diundang untuk mendemostransikan inovasinya ini secara virtual di hadapan Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Agus Sartono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com