Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Praja IPDN Live via YouTube, Tanpa Dihadiri Orangtua dan Tamu Undangan

Kompas.com - 28/07/2020, 12:33 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Meski di tengah pandemi Covid-19, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat tetap mewisuda lulusan angkatan XXVII tahun 2020, Selasa (28/7/2020).

Meski begitu, pada prosesi wisuda kali ini, IPDN tidak mengundang secara langsung orangtua, keluarga praja maupun tamu undangan lainnya.

Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan, prosesi wisuda pada tahun ini mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga: Rektor IPDN: Kekerasan Antar-Praja, Narkoba dan Aborsi, Itu Cerita Kelam Masa Lalu

"Pelaksanaan wisuda ini, sudah berdasarkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," ujar Hadi kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Selasa.

Hadi menuturkan, prosesi wisuda disiarkan langsung secara live streaming melalui channel YouTube dan tidak mengundang secara langsung orangtua maupun tamu undangan lainnya, seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kami sudah memberitahukan jauh-jauh hari, bahwa pada wisuda kali ini, tidak ada orangtua atau keluarga dari para calon wisudawan yang hadir," tutur Hadi.

Hadi menyebutkan, sebelum pelaksanaan wisuda, pihaknya juga sudah melakukan sterilisasi atau penyemprotan ruangan dengan disinfektan, dan memberikan vitamin kepada para calon wisudawan.

"Sesaat sebelum acara dimulai, kami juga memastikan kesehatan para calon wisudawan. Yaitu dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, memberikan hand sanitizer, pemakaian masker atau face shield dan sarung tangan," sebut Hadi.

Baca juga: Mendagri: Kalau Ada Kekerasan di IPDN, Pelakunya akan Dipidana Tanpa Ampun

Selain itu, kata Hadi, posisi duduk wisudawan pun sudah memenuhi standar pencegahan Covid-19.

Hadi menambahkan, pada tahun ini, IPDN melaksanakan wisuda di 2 kampus berbeda. Yaitu di IPDN kampus Jatinangor dan IPDN kampus Jakarta.

Dengan total wisudawan sebanyak 1.049 orang. Terdiri dari 705 orang wisudawan Program Diploma IV (D-IV), 176 orang wisudawan Program Strata-1 (S1).

Selanjutnya, 91 orang wisudawan Program Strata-2 (S2), 40 orang wisudawan Program Doktor (S3), dan 37 orang wisudawan Program Profesi Kepamongprajaan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com