Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sumbang Sapi Simental di Sultra, Beratnya Mencapai 900 Kg

Kompas.com - 27/07/2020, 17:19 WIB
Dony Aprian

Editor

KENDARI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang satu ekor sapi jenis Simental sebagai hewan kurban untuk masyarakat di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Sultra Beangga Harianto mengatakan, sapi tersebut saat ini masih dalam perawatan, sebelum nantinya disembelih saat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Menurut dia, sapi kurban dari Presiden untuk Sultra tersebut telah sesuai dengan standar dan berat sapi yang ditentukan pihak Istana Kepresidenan ke Pemprov Sulawesi Tenggara.

"Jadi untuk sapi tersebut sudah disiapkan karena itu harus betul betul steril mulai dari beratnya sampai kesehatanannya termasuk pemotongannya harus terjaga," tutur Beangga Harianto dikutip dari Antara, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Mengenal Puang Tedong, Sapi Kurban Jokowi yang Tidur di Karpet Harga Jutaan dan Dijaga Siang Malam

Sementara itu, Plt Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra Ari Sismanto menjelaskan, sapi kurban dari Presiden Jokowi yang disumbangkan bagi masyarakat Sultra seberat 900 kilogram.

Saat ini, kata dia, sapi tersebut telah berada di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan dan rencananya penyembelihannya akan dilakukan di Masjid Raya Al Kautsar Kota Kendari.

Baca juga: Agar Tidur Nyenyak, Sapi Kurban Milik Jokowi Diberi Karpet Seharga Rp 2 Juta dan Setiap Malam Dijaga

DIkatakannya, kondisi kesehatan sapi kurban dari presiden saat ini masih dalam pantauan pihaknya dan rencananya sapi itu akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sultra Ali Mazi ke pihak pengurus Masjid Al Kautsar.

Ari Sismanto menambahkan kesiapan sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada tahun ini sebanyak 33 ribu ekor atau masih sangat mencukupi kebutuhan hewan kurban di Sultra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com