Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setubuhi Gadis di Bawah Umur Lima Kali, Lansia di Kebumen Ditangkap

Kompas.com - 25/07/2020, 17:12 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Seorang lansia di Kecamatan Karangsembung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, ditangkap karena diduga telah menyetubuhi gadis di bawah umur.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, tersangka berinisial EN (67) mengaku telah menyetubuhi gadis yang masih berusia 14 tahun itu sebanyak lima kali.

"Tersangka kami tangkap pada hari Kamis tanggal 16 Juli 2020. Sejumlah barang bukti di antaranya pakaian korban kami amankan untuk kepentingan penyidikan," kata Rudy, melalui keterangan pers, Sabtu (25/7/2020).

Baca juga: Pengakuan Muncikari Prostitusi Online: Disuruh Pacar Korban dengan Iming-iming Diajak Jalan dan Makan

Kasus pelecehan seksual itu, kata Rudy, terbongkar setelah korban mengadukan kepada orangtuanya tentang aksi tak senonoh yang dilakukan tersangka.

Rudy mengatakan, perbuatan tidak senonoh itu dilakukan karena tersangka sering melihat korban bermain dan terlihat di sekitar rumahnya.

Kebetulan rumah keduanya berdekatan.

Baca juga: Pria Ini Tusuk Adik Kandung dengan Keris hingga Tewas

"Aksinya dilakukan saat semua orang tidak ada di rumah. Perbuatannya di antaranya dilakukan pada hari Minggu, tanggal 17 Mei 2020 sekitar pukul 07.00 WIB," ujar Rudy.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 81 Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi UU dengan ancaman penjara paling lama 15 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com