Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kejahatan Siber, Orangtua Diminta Awasi Penggunaan Gadget pada Anak

Kompas.com - 24/07/2020, 22:29 WIB
Tresno Setiadi,
Dony Aprian

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Polisi mengimbau kepada orangtua agar memperhatikan penggunaan gadget pada anak.

Tanpa adanya pengawasan, anak akan berpotensi terjerumus menjadi korban maupun pelaku kejahatan siber.

"Smartphone ini ibarat dua sisi mata pisau. Satu sisi membawa manfaat yang luar biasa, namun di sisi lain bisa sebagai sarana kejahatan," kata Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, Jumat (24/7/2020).

Baca juga: Antisipasi Kejahatan Siber, Polri Contohkan Penggunaan Ponsel di Jepang

Dia mencontohkan, pengawasan yang bisa dilakukan orangtua dengan rutin mengecek gadget pada anak.

"Selalu dicek, mulai dari browsing dan historinya apa saja. Siapa teman di media sosial. Termasuk game yang anak mainkan apa saja," terang Rita.

Mantan Kepala Unit IV Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Mabes Polri menjelaskan, terdapat berbagai jenis kejahatan siber yang bisa menimpa anak dan perempuan.

Mulai dari salah memanfaatkan media sosial hingga terjadinya perundungan, pornografi, mengakses konten ilegal, termakan hoaks, terpapar radikalisme, hingga game online yang bisa menjurus ke perilaku kekerasan.

"Dari berbagai jenis kejahatan anak bisa menjadi korban maupun pelaku. Untuk itu para orang tua di saat pandemi saat anak di rumah harus memberikan pengawasan," ujar Rita.

Baca juga: Beri Pembekalan Calon Perwira TNI-Polri, Jokowi Ingatkan Bahaya Kejahatan Siber

Menurut Pembina Pusat Pelayanan Terpadu Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PPT Puspa) Kota Tegal Ratna Edy Suripno, orangtua harus bisa berperan menjadi sahabat bagi anak-anaknya.

"Saat anak mengalami kesulitan belajar di rumah, jangan sampai mengatakan bodoh. Orang tua harus banyak bersabar. Memberikan perhatian, kasih sayang, dan bisa menjadi sahabat dengan menjalin komunikasi yang baik dengan anak-anak," kata Ratna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com