Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperpanjang hingga Desember 2020, Lumbung Pangan Jatim Akan Jangkau 38 Wilayah

Kompas.com - 23/07/2020, 22:13 WIB
Achmad Faizal,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi memperpanjang pembukaan Lumbung Pangan Jawa Timur hingga Desember 2020. Perpanjangan program itu menyusul tingginya animo masyarakat yang berbelanja di sana.

"Perpanjangan program Lumbung Pangan Jatim sudah saya tandatangani, jangkauan wilayah pengiriman juga terus bertambah," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Pemakzulan Bupati Jember Faida, Khofifah: Kita Tunggu Fatwa MA

Khofifah mengatakan, jangkauan pengiriman barang dari Lumbung Pangan Jawa Timur mencapai 38 kota dan kabupaten pada 6 Agustus 2020.

"Meski menjangkau sampai 38 kabupaten dan kota, saya pastikan ongkos kirim tetap gratis," terang Khofifah.

Khofifah menargetkan, distribusi produk Lumbung Pangan bisa menjangkau 25 pasar yang dijadikan sampel BPS, mulai Surabaya, Bojonegoro, Probolinggo, hingga Jember.

"Produk Lumbung Pangan ini akan menjadi referensi harga komoditas bahan pokok seperti telur, gula, hingga Bawang Merah di pasaran," ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, jika harga pasar terkontrol, maka perlindungan konsumen juga akan terjaga.

Begitu pula saat ketersediaan melimpah, maka lumbung pangan akan menjangkau ke seluruh wilayah. Sehingga, proteksi terhadap petani bisa dilakukan.

Lumbung Pangan Jatim memberikan layanan sembako murah di bawah harga pasar. Layanan ini bisa diakses masyarakat secara daring di laman ini.

Pembayaran bisa dilakukan lewat transfer bank. Masyarakat juga bisa memesan sembako melalui WhatsApp ke nomor 0811-334-00033, pembayaran juga bisa dilakukan di tempat pengiriman.

Baca juga: Tembus 1.010 Kasus Positif Covid-19 di Maluku, Angka Kesembuhan Sekitar 60 Persen

Pengiriman gratis berlaku untuk pembelian minimal Rp 60.000 dengan berat maksimal belanja sekitar 20 kilogram.

Pembelian online sembako murah ini akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli dari Jatim Expo Surabaya menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com