Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Siswi Menyeberang Sungai Deras, Tokoh Maluku Buat Surat Terbuka ke Mendikbud

Kompas.com - 17/07/2020, 20:30 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Salah satu tokoh Maluku yang juga Direktur Maluku Crisis Center (MCC) Ikhsan Tualeka melayangkan surat terbuka kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Surat itu dibuat setelah video empat siswi di Pulau Seram, Maluku, yang nekat menyeberangi sungai deras saat berangkat dan pulang sekolah, viral di media sosial.

Surat terbuka itu diunggah Ikhsan di media sosial Facebook pada Jumat (17/7/2020).

Ikhsan yang juga pemerhati masalah sosial dan kebudayan menyoroti kondisi pendidikan di Indonesia Timur, khususnya yang menimpa para siswa di Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur.

Ikhsan membandingkan kondisi itu dengan kota-kota besar di Indonesia.

“Betul surat terbuka itu saya layangkan kepada Pak Menteri Pendidikan, saya ingin memastikan bahwa pemerintah harus hadir dan memberikan keadilan bagi mereka yang berada di wilayah Indonesia timur,” kata Ikhsan saat dihubungi Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Fakta Video Viral 4 Siswi Menyeberangi Sungai Deras, Ada yang Terjatuh dan Hampir Hanyut

Ikhsan berharap pemerintah bisa menjamin pendidikan siswa di Seram Bagian Timur. Tak hanya itu, pemerintah harus menjamin keselamatan siswa saat berangkat dan pulang sekolah.

Ikhsan mencontohkan sejumlah fasilitas bus sekolah yang ada di sejumlah kota besar di Indonesia. Fasilitas itu bisa menjamin keselamatan siswa saat berangkat dan pulang sekolah.

Tapi, kondisi itu tak ditemukan di sejumlah daerah di Indonesia timur, khususnya Maluku.

Menurutnya, setiap warga berhak mendapatkan keadilan dari negara. Sehingga, negara harus hadir untuk melihat kondisi yang terjadi di masyarakat.

"Kasus siswa menyeberang sungai deras di Seram Bagian Timur itu hanya sebagian kecil potret pendidikan yang terlihat, jadi seperti teori gunung es, hanya puncaknya yang kelihatan," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com