Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

101 Pasien Positif Corona di Pusdikpom Dinyatakan Negatif dari Hasil Tes Swab Kedua

Kompas.com - 15/07/2020, 17:21 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Seluruh pasien positif Covid-19 di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) dinyatakan negatif corona dari tes swab kedua.

"Di PusdikPom, Cimahi, sudah dilakukan swab kedua terhadap 101 pasien positif dengan hasil Lab PCR 101. Pasien tersebut menjadi negatif semua," ucap Kepala Dinas Penerangan AD Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam keterangannya, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: Tim Uji Klinis Anti Covid-19 Memulai Tugasnya di Klaster Secapa AD

Lebih lanjut, Nefra menjelaskan bahwa hasil negatif pun terjadi pada ratusan pasien di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) pada tes swab kedua ini.

"Hasil Lab PCR dari swab kedua pasien di Secapa AD sampai dengan pagi ini (Rabu, 15 Juli), ada 116 pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Nefra.

Sementara itu, kata Nefra, hasil pemeriksaan Lab PCR dari swab pertama yang lalu, ada tambahan 27 pasien positif, karena pemeriksaan hasil swab di Lab PCR dilakukan bergiliran per gelombang.

"Jadi dari total 1.307 (1.280 + 27) pasien positif Covid-19 di Secapa AD pada pagi ini sudah berkurang 281 orang menjadi tinggal 1.026 orang," kata Nefra.

Baca juga: UPDATE 15 Juli: Pasien Positif Klaster Secapa AD Berkurang 116 Orang

TNI bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Universitas Airlangga terkait lanjutan riset pengembangan kombinasi obat anti Covid-19.

"Maka, pagi ini Tim Uji Klinis Anti-Covid 19 dari 3 institusi di atas akan memulai pemberian beberapa kombinasi obat dan dosis kepada pasien positif Covid-19 di Secapa AD sesuai dengan protokol Pedoman Pelaksanaan Uji Klinis dari BPOM," ucap Nefra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com