Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Rapid Test Massal, 19 Dosen Unhas Reaktif Covid-19

Kompas.com - 10/07/2020, 23:02 WIB
Himawan,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 19 dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) dinyatakan reaktif usai mengikuti rapid test massal yang digelar di kampus sejak Rabu (8/7/2020).

Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah mengatakan bahwa rapid test massal tersebut diikuti sekitar seribu dosen di seluruh fakultas yang ada di Unhas.

Para dosen yang dinyatakan reaktif rapid test berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (4 orang), Fakultas Ilmu Budaya (2 orang), Fakultas Ekonomi (1), Fakultas Hukum (3).

Baca juga: Penjelasan Gugus Tugas Covid-19 soal Unhas Belum Disebut Klaster Penularan

Kemudian Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (6), Fakultas MIPA (1 orang), Fakultas Farmasi (1), Fakultas Kesehatan Masyarakat (3 orang) serta Fakultas Teknik (2 orang).

"Ini tentu mempunyai risiko bagi reputasi lembaga. Tapi bagi Unhas, yang paling penting adalah melakukan penapisan, mencari yang terpapar agar dapat dipisahkan dan disembuhkan sambil kita mengambil langkah-langkah pencegahan lanjutan," kata Suharman, Jumat (10/7/2020).

Suharman menambahkan, 19 dosen yang reaktif selanjutnya melakukan pengambilan sampel swab di lokasi rapid test yang digelar di GOR Unhas.

"Mereka nantinya melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil test PCR," imbuh Suharman.

Baca juga: Ada 25 Pegawai Unhas Makassar Positif Covid-19, Diduga Terpapar dari Luar Kampus

Sejauh ini, Unhas menjadi satu-satunya kampus yang secara terbuka mengumumkan hasil test Covid-19 yang dilakukan para dosen maupun pegawai yang bekerja di lingkungan kampus.

Kepala unit Humas Unhas Ishaq Rahman mengatakan, Unhas berkomitmen membuka data pasien Covid-19 sebagai langkah memutus rantai penyebaran corona.

"Sekali lagi, kami-kami di Direktorat Komunikasi berprinsip salah satu cara mengatasi pandemi adalah keterbukaan informasi," kata Ishaq. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com