Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Sidoarjo Tambah 5 RS Rujukan Covid-19, Ini Rinciannya

Kompas.com - 10/07/2020, 18:26 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menambah lima rumah sakit rujukan Covid-19 baru untuk menangani pasien virus corona. Saat ini, lima rumah sakit itu masih menunggu persetejuan dari Kementerian Kesehatan.

Sembari menunggu persetujuan, Pemkab Sidoarjo akan menanggung biaya perawatan pasien di lima rumah sakit rujukan tambahan tersebut.

Baca juga: Plt Bupati Heran Kesembuhan di Sidoarjo Tak Kunjung Bergerak, Ternyata Salah Input Data

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo Nur Achmad Syaifuddin mengatakan, peraturan bupati terkait hal itu sedang disiapkan.

"Untuk peraturannya masih belum sampai di meja saya, mungkin dalam waktu beberapa hari ini akan saya tanda tangani supaya bisa segera dijalankan," kata pria yang menjabat sebagai Plt Bupati Sidoarjo ini seperti dilansir Antara, Jumat (10/7/2020).

Setelah peraturan bupati ditandatangani, pasien yang belum mendapatkan ruangan isolasi bisa segera dipindahkan ke rumah sakit rujukan tambahan itu.

Pemkab Sidoarjo akan menggunakan APDB untuk membayar biaya perawatan pasien tersebut.

"Jadi, nantinya akan dibantu dengan menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Sidoarjo sambil menunggu persetujuan penambahan lima rumah sakit rujukan," katanya.

Lima rumah sakit rujukan tambahan itu adalah RS Rahman Rahim, RS Ibu Anak Surya, RS Mawardi, RS Anwar Medika, dan RS Aisyiyah Siti Fatimah.

"Dengan adanya tambahan lima rumah sakit rujukan ada penambahan sekitar 60 tempat ruang isolasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriawarman mengaku telah menggunakan rujukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru untuk mencatat jumlah pasien sembuh dari Covid-19.

Baca juga: Ditanya Deadline Jokowi, Khofifah: 14 Hari Terakhir Jatim Sembuhkan 2.150 Pasien Covid-19

"Dari pendekatan WHO yang baru tersebut, hanya perlu sekali tes usap dan jika terbukti negatif, pasien tersebut bisa dikatakan sudah sembuh," katanya.

Sebanyak 2.280 kasus positif Covid-19 terdapat di Sidoarjo hingga Kamis (9/7/2020). Rinciannya, 431 pasien sembuh, 1.717 dirawat, dan 132 meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com