Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Cari Lokasi Pemindahan PKL Manahan

Kompas.com - 10/07/2020, 11:29 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah sedang mencarikan lokasi untuk memindahkan pedagang kaki lima (PKL) shelter Manahan kompleks Stadion Manahan, Solo.

Hal tersebut karena enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 tahun 2021 digelar, kawasan Manahan tersebut sudah harus steril atau bersih dari aktivitas PKL.

"Baru kita carikan solusi untuk mencari tempat untuk PKL-nya ini. Karena enam bulan sebelum Piala Dunia itu harus steril," kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/7/2020).

Baca juga: Stadion Mandala Krida Yogyakarta Dicoret Sebagai Venue Piala Dunia U-20, Ini Kata Sultan HB X

Pemindahan PKL shelter Manahan tersebut dilakukan karena radius satu meter dari venue kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia kategori junior tersebut harus steril.

"Jadi radius satu kilometer itu harus steril. Tidak ada kegiatan untuk perdagangan dan sebagainya," ungkap Rudy.

Di sisi lain, Pemkot juga menyiapkan lapangan pendamping latihan bagi tim peserta Piala Dunia U-20.

Adapun lapangan pendamping yang disiapkan itu antara lain, Stadion Sriwedari, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Karangasem, dan Lapangan Sriwaru.

Menurut Rudy, semua lapangan pendamping di Solo semuanya sudah siap. Perbaikan sebenarnya sudah dilakukan tahun ini.

Baca juga: Soal Dana untuk Lapangan Pendamping Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Hubungi PSSI

Namun, karena adanya pandemi wabah virus corona atau Covid-19, anggaran yang rencana disiapkan untuk perbaikan lapangan pendamping dialihkan ke penanganan Covid-19.

"Kemarin sebetulnya kalau tidak ada Covid-19 sudah dibangun mulai tahun ini. Karena ada Covid-19 refocusing inilah yang cukup besar," kata Rudy.

Rudy mengatakan akan berkomunikasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait persiapan lapangan pendamping tersebut.

"Tentunya kita akan komunikasi lagi dengan PSSI apa yang mesti diperbuat oleh Pemkot Solo dan apa yang harus dilakukan oleh PSSI," sambung Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com