Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patok Akademi TNI Dipasang di Kantornya, Wali Kota Magelang: Pelayanan Tetap Normal

Kompas.com - 09/07/2020, 17:48 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi

 

MAGELANG, KOMPAS.com - Wali Kota Magelang Sigit Widyonidito memastikan pelayanan pemerintahan tetap berjalan normal meski terpasang plang Sertifikat Hak Pakai (SHP) oleh Akademi TNI di kompleks Kantor Walikota Magelang sejak Jumat (3/7/2020).

"Rakyat tidak perlu risau, pelayanan tetap berjalan seperti biasa. ASN juga saya instruksikan tetap fokus bekerja melayani rakyat dengan baik," kata Sigit, dihubungi Kamis (9/7/2020).

Selain Sekretariat Daerah, kompleks perkantoran yang terletak di Jalan Sarwo Edhie Wibowo nomor 2 itu juga berdiri gedung DPRD Kota Magelang.

Termasuk sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Baca juga: Polemik Aset Akademi TNI di Magelang, Ganjar: Duduk Bareng Saja

Kemudian ada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskomintsa), Inspektorat, gedung Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip), dan Sekretariat DPRD Kota Magelang.

"Kegiatan rutin tetap dilaksanakan. Operasional dan layanan publik kami jamin tetap berjalan. Termasuk Command Center yang selama ini menjadi ruang koordinasi penanganan percepatan Covid-19 tidak akan terganggu," tandasnya.

Sigit mengatakan, Dinkes Kota Magelang yang sejauh ini masih menjadi garda penanganan Covid-19 juga dipastikan tidak mengalami penurunan layanan.

Pihaknya menjamin segala sesuatunya tengah ditempuh Pemkot Magelang, agar mendapatkan solusi antara kedua belah pihak.

"Komunikasi tidak hanya sekarang (ketika terjadi masalah) saja. Bertahun-tahun memang selalu kita koordinasikan dan komunikasikan. Hanya rapat terakhir (2/7/2020) memang masih di-pending. Kita harus menghormati itu," ucapnya.

Baca juga: Danjen Akademi TNI: Pemkot Magelang Pindah Saja, Kalau Enggak Nanti Pakai Cara-cara Kita

Sigit mengaku akan mematuhi apapun hasil dari kesepakatan itu nantinya. Hanya saja, dia meminta saat ini semua pihak harus menurunkan tensi, agar tak membuat kegaduhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Kita sedang fokus menangani pandemi. Alhamdulillah Kota Magelang sudah tidak ada pasien positif Covid-19 yang masih dirawat, sehingga kita segera usulkan penerapan kenormalan baru agar perekonomian rakyat kita bisa bangkit kembali," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono menambahkan, pihaknya memastikan layanan publik tidak terdampak akibat adanya pemasangan plang SHP Akademi TNI tersebut.

"Semua akan berjalan seperti sebelumnya. Jika ada masyarakat yang berkepentingan, untuk mendapat layanan apapun di Pemkot Magelang tetap akan ditampung. Hanya saja harus mematuhi protokol kesehata," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com