Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Masjid Hadiah untuk Presiden Jokowi Mirip Grand Mosque Abu Dhabi

Kompas.com - 09/07/2020, 14:22 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Masjid hadiah untuk Presiden Jokowi dari Pangeran Abu Dhabi, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, didesain hampir mirip dengan Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

"Masjid ini desainnya hampir mirip Sheikh Zayed Grand Mosque Abu Dhabi. Masjid terindah di dunia," kata Utusan Dubes RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis, Setyo Wisnu Broto di Solo, Jawa Tengah, Kamis (9/7/2020).

Desain masjid tersebut dibuat oleh Pangeran Abu Dhabi khusus untuk Indonesia.

"Desain itu sebenarnya punya hak intelektual sama pangeran diberikan untuk Indonesia," terang Wisnu.

Baca juga: Masjid Hadiah Pangeran Abu Dhabi untuk Jokowi Dibangun Desember 2020

Wisnu mengungkapkan, pembangunan masjid tersebut juga sebagai langkah untuk masuknya investasi dari Timur Tengah ke Indonesia.

Pangeran Mohamed bin Zayed dan Pemerintahan UEA tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

"Kemarin kita ngobrol dengan Pak Husein Bagis, Pangeran Mohamed bin Zayed dan Pemerintahan UEA sangat tertarik untuk investasi di Indonesia," ujarnya.

Menurut Wisnu, ada beberapa investasi besar yang diharapkan dalam kerja sama ini, yaitu terbentuknya ketahanan pangan di Indonesia dan ketahanan energi di Indonesia.

"Bahkan yang terakhir itu adalah dari UEA khususnya Pangeran Mohamed bin Zayed tertarik untuk menggantikan Saudi Aramco yang kemarin investasi kerja sama pembangunan kilang di Cilacap," ungkap dia.

Baca juga: Keakraban Jokowi-Pangeran Abu Dhabi, dan Hadiah Masjid di Solo

Sebagaimana diketahui, groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan masjid akan dimulai Desember 2020. Setelah itu dilanjutkan dengan pembangunan fisik masjid.

Pembangunan masjid sebagai bentuk penghormatan serta tanda persahabatan dengan Indonesia ini diperkirakan memakan waktu selama dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com