Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Tasikmalaya Berterima Kasih kepada Jokowi, Ini Sebabnya

Kompas.com - 08/07/2020, 13:30 WIB
Irwan Nugraha,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo.

Budi menilai Jokowi telah memprioritaskan pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya hingga masuk ke teknis perencanaan mulai tahun ini.

Hasil itu diketahui seusai pembahasan antara seluruh kepala daerah yang terlewati tol dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Bandung, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Buruh Tebu Merelakan Motornya Dirampas agar Tidak Diperkosa

Sesuai rencana, jalan bebas hambatan pertama ke wilayah Priangan Timur, Jawa Barat, tersebut akan bisa digunakan pada 2024 mendatang.

"Alhamdulillah, sesuai jadwal tidak akan berubah, sekarang tahapan sosialisasi ke masyarakat yang akan dilaksanakan mulai bulan Juli. Saya berterima kasih kepada Pak Presiden Joko Widodo yang merealisasikan janjinya ke masyarakat Tasikmalaya," kata Budi kepada wartawan di kantornya, Rabu (8/7/2020).

Baca juga: Tol Gedebage-Tasikmalaya Masuk Tahap Lelang, Pemkot Tasikmalaya Kekurangan Biaya Rp 150 M

Budi menjelaskan, di wilayah Kota Tasikmalaya yang terlewati Tol Gedebage-Tasikmalaya ada 4 kecamatan, yakni Mangkubumi, Kawalu, Tamansari dan Cibeureum.

Pintu tol di wilayah Kota Tasikmalaya pun tidak akan berubah, masih sesuai rencana yakni di Jalan Sewaka.

"Bulan Juli sekarang, dari pemerintah pusat akan turun langsung sosialisasi terkait pembebasan lahan ke masyarakat yang terlewati. Penlok nanti keluar, pasti akan langsung proses penggantian lahan warga untuk pembangunan tol tersebut," kata Budi.

Baca juga: Pencari Ikan di Cianjur Ditemukan Tewas, Diduga Bukan karena Covid-19

Setelah itu, akan ada tim appraisal atau penilai yang nantinya akan menentukan harga tanah yang akan dibebaskan sesuai dengan harga pasaran lokasi dan tidak akan merugikan masyarakat.

Pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pembangunan tol demi meningkatkan seluruh sektor, termasuk ekonomi.

"Kepada masyarakat yang kena (pembebasan lahan), saya harap mendukung, karena buat pertumbuhan ekonomi. Kami semua juga sedang merubah renacana tata ruang wilayah (RTRW) untuk disesuaikan dengan jalan tol yang dibangun. Alhamdulillah, tol ini prioritas utama di pusat," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com