Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Ambon Keluar dari Zona Merah Covid-19, Wali Kota Bilang karena Ini

Kompas.com - 07/07/2020, 22:42 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan Kota Ambon kini telah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19.

Richard mengatakan, status zona merah yang disandang Kota Ambon selama ini akhirnya berubah menjadi zona oranye berkat kerja keras pemerintah Kota Ambon dan gugus tugas serta dukungan dari semua elemen masyarakat di Ibu Kota Provinsi Maluku tersebut.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Ambon karena berkat dukungan mereka, Ambon bisa keluar dari zona merah menuju zona oranye,” kata Richard, kepada Kompas.com, via telepon seluler, Selasa (7/7/2020).

Penurunan status Kota Ambon dari zona merah ke zona oranye, lanjut Richard, disampaikan langsung oleh gugus tugas nasional percepatan penanganan Covid-19 kepada dirinya sore tadi.

Baca juga: Ingin Tracing Cepat, Pemkot Ambon Minta Bantuan Mobil PCR ke Menkes

“Barusan tadi sore saya diberitahukan langsung oleh tim gugus tugas nasional ada 17 kabupaten kota yang keluar dari zona merah dan Kota Ambon salah satunya,” kata dia.

Pemerintah Kota Ambon sendiri telah memprediksi Ambon akan segera keluar dari zona merah.

Sebab, sejak 28 Juni lalu reproduction number (RO) Kota Ambon telah turun pada level 1,52 dari sebelumnya yang mencapai 2,2.

“Jadi, memang sudah diprediksi sebelumnya karena hanya selisih 02 saja, kita sudah bisa ke luar dari zona merah,” kata dia.

Keberhasilan Kota Ambon keluar dari zona merah penyebaran Covid-19 itu berkat kerja keras pemerintah Kota Ambon selama ini dalam memutus rantai penyebaran corona di Kota Ambon, mulai dari PKM hingga dilanjutkan dengan PSBB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com