Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangandaran Kembali Zona Kuning, Ridwan Kamil: karena "Orang Luar"

Kompas.com - 05/07/2020, 13:38 WIB
Candra Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANJAR, KOMPAS.com - Sebanyak delapan daerah di Jawa Barat kembali ke zona kuning, setelah sebelumnya berada di zona biru. Salah satu daerah itu adalah Kabupaten Pangandaran.

Terkait penurunan status ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengingatkan semua daerah untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama 24 jam.

"Ronda Covid harus 24 jam. Ibaratnya gitu," jelas Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat perayaan HUT Bhayangkara ke 74 di Lapang Bhakti Kota Banjar, Minggu (5/7/2020).

Baca juga: Ini 5 Jurus Ridwan Kamil Kendalikan Corona di Jawa Barat

Penurunan status ini, lanjut Emil, menandakan bahwa daerah yang sudah di zona biru tidak boleh lengah. "Enggak bisa status biru terus lengah," tegasnya.

Ihwal Pangandaran yang statusnya kembali kuning, jelas Emil, hal ini disebabkan karena pendatang dari luar. Hal ini, kata dia, yang harus diwaspadai.

"Saya ingatkan pasti Pangandaran naik karena orang dari luar," kata Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Anjurkan Industri Lakukan Swab Test Mandiri pada Pekerja

Sebelumnya, Forkopimda Jawa Barat mengadakan bakti sosial di Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Mereka menaiki sepeda motor untuk menuju lokasi bakti sosial.

"Kami monitor (Covid-19 di daerah) sambil memberi bansos kepada masyarakat. Kenapa pakai motor, supaya rombongan jadi lebih ringkas. Kalau semua pimpinan pakai mobil pasti terlalu padat (rombongannya)," jelas Ridwan Kamil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com