Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Sering Dikunjungi Turis, Bekas Pusat Kesultanan Banten Nihil Corona

Kompas.com - 04/07/2020, 21:25 WIB
Farid Assifa

Editor

SERANG, KOMPAS.com - Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten sampai saat ini masih nihil kasus virus corona.

Padahal, pandemi Covid19 sudah terjadi hampir empat bulan dan menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Sementara di lima kecamatan lainnya di Ibu Kota Provinsi Banten ini sudah mengonfirmasi adanya kasus Covid19. Kelimanya yakni Serang ada 11 kasus, Taktakan 3 kasus, Curug 3 kasus, Walantaka 1 kasus, Cipocok Jaya 8 kasus.

Baca juga: Gubernur Wahidin: Revitalisasi Kesultanan Banten Perhatikan Kemudahan Akses

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, masih nihilnya Kecamatan Kasemen karena memang belum ditemukan kasus meski sudah melakukan rapid test massal.

"Rapid test sudah dilakukan, yang reaktif juga hasil swabnya enggak ada yang positif. Memang tidak ada penularan untuk wilayah Kasemen," ujar Hari saat dikonfirmasi Kompas.com via WhatsApp, Sabtu (20/7/2020).

Dijelaskan Hari, setiap ada kasus baru, tim gugus tugas langsung melakukan pelacakan untuk memutus mata rantai penyebaran.

Salah satunya dengan melakukan repid test massal dan swab.

Untuk itu, Hari meminta masyarakat tak hanya di wilayah Kasemen agar taat pada protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah meski angka kesembuhan tinggi.

"Melihat data, persentase kesembuhan pasien sudah mencapai 73 persen, dirawat 19 persen, meninggal dunia 8 persen dari jumlah kasus sebanyak 26," ujarnya.

Diketahui, Kecamatan Kasemen memiliki luas wilayah 56,36 km² ini mempunyai 10 kelurahan, 70 Rukun Warga dan 247 Rukun Tetangga. Dahulu wilayah Kasemen merupakan pusat Kesultanan Banten.

Terlihat dari peninggalan masa kesultanan yang masih ramai dikunjungi wisatawan seperti Keraton Surosowan, Benteng Speelwijk, Masjid Agung Banten, Benteng Surosowan.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jabar, Jateng, Banten, Sumsel, Babel, dan Lampung 4 Juli 2020

Makam para sultan pun berada di Kasemen seperti Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, pangeran Ratu, Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar, Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin.

Setiap akhir pekan dan hari raya besar keagamaan ribuan peziarah dari berbagai daerah selalu memadati kawasan Kesultanan Banten. Bahkan, meski wabah Covid19 wisatawan tetap ramai. (Rasyid Ridho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com