Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi Terkini Pasca-bentrok soal BLT di Madina, Situasi Aman, Aparat Gabungan Terus Berjaga

Kompas.com - 03/07/2020, 20:05 WIB
Oryza Pasaribu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANDAILING NATAL, KOMPAS.com - Kamis (02/07/2020), ratusan warga kembali memblokade jalan nasional yang menghubungkan antara Provinsi Sumatera Utara dengan Sumatera Barat di Desa Mompang Julu, Panyabungan Utara, Mandailing Natal (Madina).

Aksi kedua tersebut, akibat protes warga yang menuntut adanya tiga warga yang ditangkap polisi.

Ketiga warga itu diduga pelaku kerusuhan yang menyebabkan terjadinya bentrokan dan mengakibatkan enam polisi luka-luka dan tiga kendaraan (mobil/sepeda motor) hangus dibakar massa.

Baca juga: Pascabentrokan gara-gara BLT di Madina, Polisi Tangkap 3 Warga, Situasi Kembali Mencekam

"Memang sempat ada aksi blokade jalan yang kedua kali. Namun karena ini sudah melanggar hukum harus kita proses. Dan akhirnya jalan kembali dibuka pada Kamis (02/07/2020) sekitar pukul 18.30 WIB," ungkap Kepala Urusan Humas Kepolisian Resor Madina Bripka Yogi saat dihubungi lewat telepon, Jumat (03/07/2020).

Dan untuk menciptakan situasi kembali kondusif, sedikitnya 300 personel gabungan dari Polisi, Brimob dan TNI masih terus berjaga.

"Iya, sampai saat ini masih terus berjaga. Karena kami akan melakukan penyisiran, olah TKP dan kebutuhan penyidikan. Dan warga yang diduga terlibat kerusuhan, baru tiga orang yang kita amankan," kata Yogi.

Baca juga: Cerita Korban Bentrok Warga di Madina: Saat Asyik Live FB Bentrokan, Saksikan Motornya Dibakar Massa

Yogi mengatakan, untuk arus lalu lintas sudah kembali normal. Dan jalan nasional dapat kembali dilalui.

"Alhamdulillah jalan nasional sudah aman dan lancar. Aparat keamanan masih terus memantau situasi dan memastikan tidak ada lagi aksi lanjutan, hingga benar-benar kondusif," kata Yogi.

Aksi protes ratusan warga ini terkait pembagian BLT di Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara, Madina berujung ricuh, Senin (29/6) sore.

Kejadian itu menyebabkan sedikitnya enam personel polisi luka-luka, dua mobil (salah satunya mobil dinas Waka Polres) serta satu sepeda motor warga dibakar massa.

Baca juga: Bentrokan di Madina, 6 Polisi Terluka dan Mobil Wakapolres Dibakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com