Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jala Ikan di Muara Sungai, 2 Warga Cianjur Tewas Terseret Ombak

Kompas.com - 01/07/2020, 10:45 WIB
Budiyanto ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Dua warga Cianjur ditemukan meninggal dunia di sekitar Muara Cibuni, Desa/Kecamatan Tegalbuleud, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (30/6/2020).

Sebelum ditemukan tewas, keduanya mencari ikan dengan jala di pantai Sinar Laut, Agrabinta, Cianjur, Senin malam.

Kedua korban adalah Memed (57) dan Gagan (58), mereka warga Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Terseret Ombak di Sawarna, Mahasiswa Bogor Ditemukan Tewas

Ketua Forum Koordinasi Search and Rescue Daerah (FKSD)/SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Pajri Assidiq mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, kedua warga Cianjur ini terseret gelombang saat mencari ikan di pantai wilayah Cianjur Senin malam.

"Keduanya sedang menjala ikan disapu ombak parel hingga terseret ke tengah. Lalu keduanya ditemukan di sekitar muara Cibuni," kata Okih saat dikonfirmasi Kompas.com Rabu (1/7/2020).

Menurut dia, kedua korban akhirnya ditemukan di sekitar muara Sungai Cibuni dalam waktu berbeda. Pertama jasad Memed yang ditemukan lalu, menyusul jenazah Gagan.

Kedua jasad dievakuasi warga bersama unsur Muspika Tegalbuleud dan aparat pemerintah desa, Selasa pagi.

Keduanya langsung dibawa dengan mobil ambulans ke rumah duka di Agrabinta, Cianjur.

Okih menjelaskan, ombak parel ini bersifat rapat yang datangnya berdekatan dari tengah lautan. Lalu ombak yang rapat tersebut masuk ke muara Cibuni.

"Muara Cibuni ini lokasinya sebagai batas alam antara Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur," jelas Okih yang juga kepala Seksi Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Tegalbuleud Dedi Rukmana menuturkan, proses pencarian kedua warga Cianjur yang tenggelam di laut berlangsung sejak Senin malam hingga Selasa subuh.

Baca juga: Libur Lebaran di Pantai, Dua Warga Cianjur Terseret Ombak

Selain pihak keluarga dan warga dari Cianjur, upaya pencarian kedua korban juga melibatkan berbagai unsur. Di antaranya Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), pemerintah desa dan Muspika Tegalbuleud.

"Selasa pagi kemarin, kedua jenazah dibawa dengan mobil ambulance Desa Sumberjaya ke rumah duka," tutur Dedi kepada Kompas.com via pesan WhatsApp, Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com