Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabupaten Sumedang Menuju Zona Hijau

Kompas.com - 30/06/2020, 07:30 WIB
Aam Aminullah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir optimistis wilayahnya segera menuju zona hijau Covid-19.

Dony mengatakan, saat ini dari total 13 pasien positif Covid-19, sebanyak 10 di antaranya telah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Sedangkan 3 pasien lain masih dirawat intensif di RSUD Sumedang.

Baca juga: Identitas Pelaku Penyerangan di Bandung Diketahui, Diduga Geng Motor

Namun, keadaan mereka juga menunjukkan gejala menuju kesembuhan.

"Alhamdulillah, dari hasil dua kali swab tes, 3 pasien terkonfirmasi Covid-19 yang tersisa itu semuanya negatif. Tadi ketiganya sudah dites swab ulang, mudah-mudahan swab tes terakhirnya ini juga hasilnya negatif," ujar Dony kepada Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Selain itu, menurut Dony, tes swab massal yang telah dilakukan di sejumlah pasar di wilayah Sumedang juga tidak ditemukan adanya warga yang positif Covid-19.

"Hasil swab tes 87 pedagang di Pasar Cimalaka, Citimun dan Cimanggung juga semuanya negatif Covid-19. Pekan sebelumnya, 50 pedagang di Pasar Tanjungsari juga hasil swab tesnya negatif," tutur Dony.

Baca juga: Rhoma Irama dan Penyelenggara Acara Akan Diperiksa Polisi

Dony menyebutkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang juga melakukan tes swab kepada 70 narapidana dan karyawan Lapas Kelas II B Sumedang.

"Kami juga akan segera melakukan swab tes di dua pasar tradisional lainnya di wilayah Sumedang kota dan ke sejumlah pesantren. Semoga hasilnya nanti juga negatif," sebut Dony.

Dony menambahkan, dalam dua pekan ini tidak ada penambahan kasus positif Covid-19.

Baca juga: Ini Satu-satunya Kabupaten di Riau yang Masih Nihil Covid-19

Dengan demikian, jika tiga pasien positif Covid-19 yang tersisa sudah dipastikan negatif Covid-19, maka Sumedang akan menjadi zona hijau.

"Tapi pada adaptasi kebiasaan baru ini, saya tetap mengingatkan kepada seluruh warga Sumedang untuk tetap waspada. Selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, jaga jarak, hindari kerumunan dan selalu cuci tangan memakai sabun atau hand sanitizer," kata Dony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com