Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata Baturraden Kembali Buka Mulai Besok, Pengunjung Dibatasi 500 Orang

Kompas.com - 26/06/2020, 17:56 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Setelah ditutup selama beberapa bulan, obyek wisata Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan mulai dibuka untuk umum, Sabtu (27/6/2020) besok.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Asis Kusumandani mengatakan, pembukaan obyek wisata tersebut masih dalam tahap uji coba.

Jumlah pengunjung dibatasi hanya 500 orang per hari.

"Pengunjung harus mendaftar dulu melalui aplikasi Mas Basid yang bisa didownload di Play Store. Selama uji coba ini free, tidak ada biaya masuk," kata Asis saat dihubungi, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Obyek Wisata Baturraden Bersiap Kembali Buka Jelang New Normal

Asis mengatakan, pada tahap awal ini pengunjung diprioritaskan untuk warga Kabupaten Banyumas dengan usia antara 5 tahun hingga 70 tahun.

"Balita dan lansia di atas 70 tahun tidak boleh masuk, karena usia tersebut sangat rentan terpapar virus corona. Kami uji coba dulu karena kalau di trmpat wisata suka pada lupa (protokol kesehatan)," ujar Asis.

Pengunjung, lanjut Asis, wajib mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Apabila tidak mematuhi, dilarang masuk ke area lokawisata.

Uji coba ini hanya berlangsung pada Sabtu (27/6/2020) dan Minggu (28/6/2020).

"Untuk berikutnya nanti menunggu kebijakan. Aplikasi ini masih dalam pengembangan," kata Asis.

Baca juga: Cegah Covid-19, 100 PSK di Gang Sadar Baturraden Dipulangkan ke Daerah Asal

Ke depan, pendaftaran kunjungan wisatawan akan dilakukan secata online. Pihaknya telah bekerja sama dengan Bank Jateng untuk pembayaran tiket masuk.

Asis menambahkan, hingga saat ini baru dua obyek wisata yang telah dibuka, yaitu Hutan Pinus Limpakuwus dan wisata off road di Baturraden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com