Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapid Test Massal Polres Cianjur Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 25/06/2020, 17:36 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 orang mengikuti rapid test massal yang digelar di halaman Polres Cianjur, Jawa Barat, Kamis (25/6/2020).

Kegiatan yang digagas Polres Cianjur tersebut berhasil meraih rekor MURI sebagai rapid test dengan jumlah peserta terbanyak yang diselenggarakan polres terhadap anggotaTNI/Polri, aparatur sipil negara (ASN) beserta keluarga.

Piagam rekor diserahkan Senior Manager MURI Jusuf Ngadri kepada Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi, Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto, dan Pelaksana tugas Bupati Cianjur Herman Suherman.

Baca juga: Macan Tutul Berkalung Cip yang Memangsa 8 Anjing Berhasil Ditangkap

Dalam sambutannya, Jusuf Ngadri mengatakan, kegiatan rapid test yang diselenggarakan Polres Cianjur ini bukan yang pertama digelar di masa pandemi Covid-19.

Namun, secara kuantitas, menurut Jusuf, jumlah peserta yang mengikuti merupakan yang terbanyak.

"Dengan jumlah peserta 2.000 orang, MURI mencatat kegiatan ini sebagai rekor MURI untuk polres yang menggelar rapid test," ujar Jusuf.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto menyebutkan, peserta yang mengikuti rapid test berasal dari unsur anggota Polri beserta keluarga.

Baca juga: Rhoma Irama dan Soneta Tidak Diizinkan Konser di Kabupaten Bogor

Kemudian personel TNI dari Kodim Cianjur dan prajurit batalion serta ASN.

"Kita akan terus berkomitmen untuk mencegah penyebaran Covid-19, salah satunya lewat rapid test ini," kata Juang kepada wartawan.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan, prestasi yang telah ditorehkan Polres Cianjur ini patut mendapat apresiasi.

"Semoga prestasi ini dapat diikuti polres-polres lainnya di Jawa Barat," kata Rudy.

Menurut Rudy, kegiatan rapid test sangat penting sebagai upaya mendeteksi indikasi Covid-19.

"Apabila nanti ada temuan hasil reaktif, maka akan langsung dilakukan penanganan lanjutan oleh tim medis dari gugus tugas percepatan dan penanganan Covid-19 setempat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com