Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Universitas Bengkulu Temukan 2 Varietas Kedelai Unggul Tahan Hama

Kompas.com - 25/06/2020, 11:35 WIB
Firmansyah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Dua varietas kedelai unggul hasil penelitian dosen Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (Unib) sebagai tim pemulia tanaman mendapat pengakuan dari pemerintah. 

Pengakuan itu ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Pelepasan Varietas Unggul dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dekan Fakultas Pertanian UNIB, Dr. Dwi Wahyuni Ganefianti, melalui Wakil Dekan I Bidang Akademik Yansen, Ph.D menuliskan dua varietas unggul tersebut. 

Yakni varietas kedelai 19 BE dengan nama DEVATRA 1 yang tercantum dalam Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 852/HK.540/C/06/2020 tanggal 17 Juni 2020 dan varietas kedelai 14 DD dengan nama DEVATRA 2 yang tercantum dalam Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 853/HK.540/C/06/2020.

Baca juga: Rupiah Lemah, Produsen Tempe: Kalau Mau Belanja Kedelai Selalu Deg-degan...

Varietas Devatra 1 dan Devatra 2

“Ini prestasi membanggakan dan patut diapresiasi oleh semua pihak. Kita mengucapkan selamat kepada Tim Pemulia Tanaman dan Dosen Peneliti UNIB yang telah mendedikasikan segenap kemampuannya untuk mengukir prestasi ini. Hal ini sekaligus sebagai motivasi bagi dosen-dosen dan peneliti lainnya agar ke depan mampu mengukir prestasi lebih banyak lagi,” ujar Yansen melalui rilis ke Kompas.com, Kamis (25/06/2020). 

Dosen fakultas pertanian UNIB sebagai Tim Pemulia Tanaman ini adalah Dotti Suryati, M.Sc (Koordinator), Dr. Dwi Wahyuni Ganefianti, Dr. M. Chozin, dan Dr. M Muchlish Adie (Balitkabi Kementan). Sedangkan Dosen Peneliti adalah Prof. Ali Munawar, Prof. Alnopri, Prof. Dwinardi Apriyanto, Prof. Riwandi, dan Hasnuddin, M.P, serta Teknisi Wuryanto, dengan Penyelenggara Pemuliaan adalah Fakultas Pertanian UNIB.

Pelepasan calon Varietas Kedelai 19 BE dengan nama DEVARTA 1 dan Varietas Kedelai 14 DD dengan nama DEVARTA 2 mempunyai peranan penting dalam rangka usaha meningkatkan produksi kedelai di Indonesia khususnya.

Baca juga: Di Sentra Kripik Tempe Sanan, Gus Ipul Bicara Kedelai Impor

Tahan hama dan penyakit

Keunggulan Varietas Kedelai DEVATRA 1 antara lain memiliki potensi hasil tinggi, umur sedang, kandungan protein tinggi, tahan terhadap hama penghisap polong (Riptortus linearis) dan agak tahan terhadap hama ulat grayak (Spodoptera litura F), serta adaptif ditanam pada lahan kering masam.

Sementara Varietas Kedelai DEVATRA 2 memiliki keunggulan potensi hasil tinggi, umur sedang, kandungan protein tinggi, tahan terhadap penyakit karat daun (Phakopsora pachirhyzi Syd), tahan terhadap hama penghisap polong (Riptortus linearis), serta adaptif ditanam pada lahan kering masam.

Surat Keputusan Pelepasan Varietas Unggul Kedelai ini ditetapkan di Jakarta pada tanggal 17 Juni 2020 dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Dr. Suwandi, atas nama Menteri Pertanian Republik Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com