Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterjang Banjir, 4 Jembatan Penghubung di Maluku Tengah Rusak Parah

Kompas.com - 21/06/2020, 18:01 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dony Aprian

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak empat buah jembatan di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, mengalami kerusakan cukup parah akibat diterjang banjir.

Johan Iha, salah satu tokoh pemuda Desa Tehoru mengatakan, jembatan yang mengalami kerusakan berada di Desa Tehoru dan Desa Haya.

Rusaknya jembatan dikarenakan hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (20/6/2020) malam mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir.

"Ada empat jembatan yang rusak parah dari empat jembatan itu ada yang jembatannya sebagian sudah ambruk," kata Johan kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon Minggu (21/6/2020).

Baca juga: Wali Kota Ambon: Jangan Dulu Bermimpi tentang New Normal

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah Bob Rahmat menjelaskan, rusaknya empat jembatan tersebut menyebabkan akses transportasi darat antardesa dan kecamatan lumpuh total.

"Kendaraan tidak bisa lewat lagi, akses sudah putus total," ujarnya.

Baca juga: Jembatan Penghubung Tiga Kabupaten di Maluku Ambruk

Dia menyebut, empat jembatan yang mengalami rusak parah yakni Jembatan Makariki di Desa Tehoru, dan Jembatan Waya Udara, Jembatan Suhu Putih, Jembatan Suhu di Desa Haya.

"Karena berada di Jalan Trans Seram kita sudah koordinasikan dengan Balai Jalan Provinsi dan saat ini mereka sudah berada di lapangan untuk mengambil tindakan penanganan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com