Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pilu Orangtua Saat Anaknya Lahir Tanpa Anus, Tak Punya Uang untuk Biaya Operasi Rp 50 Juta

Kompas.com - 21/06/2020, 05:45 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Pasangan suami istri asal Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jatar Simanjuntak (26) dan istrinya Suci Mayang Sari (20), tak menyangka anaknya mengalami kelainan terlahir tanpa anus.

Karena kondisi itu, bayinya yang lahir pada Jumat (22/5/2020) dan diberi bernama Karina Nabila Uzdah tersebut selalu merasa kesakitan saat mengeluarkan feses.

Dilansir dari Tribun-Medan, keduanya bahkan tak kuasa menahan air mata saat menceritakan kondisi bayinya tersebut kepada wartawan.

“Aku gak kuat kalau melihat anak ku menahan sakit mengeluarkan BAB lewat kantung kemihnya. Aku kadang sampek nangis melihat perjuangan anak ku mengeluarkan itu,” ujar Suci.

Diceritakan Suci, selama masa kehamilan anak pertamanya itu dirinya selalu rajin pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Dokter Gigi Stres Telanjang di Jalan, IDI: Tidak Ada Hubungannya dengan Covid-19

Saat itu, dokter bilang bahwa anaknya dalam kondisi sehat dan sempurna.

Namun tak disangka, setelah lahir diketahui buah hatinya tersebut tak memiliki lubang anus.

“Jadi setelah saya lahiran, di situ saya terdiam dan menangis melihat anak saya tidak mempunyai lubang anus. Tapi saya tetap bersyukur kepada Tuhan karan anak saya lahir dengan selamat,” ungkapnya.

Diminta siapkan biaya Rp 50 juta

Ilustrasi uang Dok. Kredivo Ilustrasi uang

Karena kondisi itu, Suci mengaku disarankan oleh dokter agar anaknya segera dilakukan operasi untuk pembuatan saluran anus.

Namun demikian, dirinya terkejut saat mengetahui biaya yang harus disiapkan.

“Dokter bilang, agar anak saya cepat ditangani operasinya harus ada biaya sekitar Rp 50 juta. Dalam hati ku saat itu, ‘Tuhan dari mana aku punya uang segitu, makan pun kami susah,” tuturnya.

Satu sisi, dirinya tak tega dengan kondisi buah hatinya tersebut. Namun di sisi lain, dirinya juga tak mampu jika harus menyiapkan uang sebanyak itu.

Baca juga: Kesal Diputus, Pemuda Ini Sebar Foto Syur Mantan Pacar di Medsos, Diberi Keterangan Open BO

Pasalnya, suaminya selama ini tidak memiliki pekerjaan tetap. Sedangkan dirinya hanya sebagai seorang ibu rumah tangga tanpa ada penghasilan.

"Abang tak ada pekerjaan tetap, tapi semua mau dikerjakannya," ujarnya.

“Sampai saat ini, kami dan keluarga masih mengurus kartu BPJS Kesehatan dibantu kepala desa,” katanya.

Meski sekarang tak banyak yang bisa dilakukan, namun dirinya tetap berharap agar putrinya tersebut dapat hidup normal seperti anak lainnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Lahirkan Bayi Tanpa Anus, Pasutri di Simalungun Butuh Uang Operasi Rp 50 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com