Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nihil Kematian akibat Covid-19, Kota Madiun Jadi Zona Hijau

Kompas.com - 20/06/2020, 21:47 WIB
Achmad Faizal,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kota Madiun, Jawa Timur, mulai Sabtu (20/6/2020) malam ditetapkan sebagai daerah zona hijau karena dianggap berhasil mengontrol penyebaran Covid-19.

Status Kota Madiun yang sebelumnya merupakan zona kuning berubah karena nihilnya tingkat kematian akibat Covid-19.

"Kota Madiun adalah daerah pertama di Jawa Timur yang berubah status zona hijau, semoga daerah lain juga mengikuti," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam.

Baca juga: Dokter Magang Positif Covid-19, 1 Puskesmas di Madiun Tutup 2 Pekan

Penetapan zona hijau untuk Kota Madiun kata Khofifah diumumkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah dinilai berdasarkan 15 indikator epidemiologis.

Sementara pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun selama tiga bulan tercatat hanya ada tujuh orang.

Selain itu, tren penambahan jumlah pasien positif Covid-19 rata-rata hanya bertambah satu orang setiap satu sampai dua pekan.

"Tracing ratio di Kota Madiun bagus. Setiap satu pasien terkonfirmasi positif rata-rata ditemukan tracing OTG/ODP sebanyak 30 orang dan langsung dilakukan isolasi. Selama masa pandemi PDP yang meninggal di Kota Madiun tercatat hanya 3 orang di mana semuanya swab negatif," terang Khofifah.

Selain sudah ada satu daerah dengan zona hijau, jumlah daerah dengan zona merah juga berkurang dari 12 daerah menjadi tujuh daerah. 

Baca juga: Ribuan Pendekar Konvoi Hendak Ikuti Sidang Putusan Sengketa PSHT di Madiun

Tujuh daerah zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penyebaran Covid-19 di Jawa Timur adalah, Jombang, Sidoarjo, Surabaya, Situbondo, Kabupaten Pasuruan, Gresik dan Kabupaten Mojokerto.

Daerah zona oranye atau daerah dengan risiko sedang penularan Covid-19 yaitu Sampang, Pamekasan, Kabupaten Malang, Jember, Bangkalan, Nganjuk, Bojonegoro, Tulungagung, Banyuwangi, Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kabupaten Kediri, Tuban dan Lamongan.

Sedangkan daerah zona kuning atau daerah dengan risiko rendah penularan Covid-19 adalah Kabupaten Madiun, Kota Probolinggo, Bondowoso, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Sumenep, Kabupaten Probolinggo, Ponorogo, Ngawi, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Pacitan, dan Lumajang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com