Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Prabowo, Ini yang Dibicarakan Gubernur Babel

Kompas.com - 19/06/2020, 17:10 WIB
Heru Dahnur ,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di rumah Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/6/2020) malam.

Kunjungan ini merupakan kali kedua setelah pada Senin pekan lalu, Erzaldi memenuhi panggilan ke Kantor Kementerian Pertahanan.

"Menhan menitip salam untuk masyarakat Babel, Beliau juga berpesan kepada saya untuk menjaga baik-baik potensi yang ada di Babel, itu untuk kemaslahatan rakyat," kata Erzaldi dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Warga 2 Kampung Mengungsi karena Takut Rapid Test, Ini Sebabnya

Erzaldi menuturkan, beberapa agenda yang dibicarakan seperti rencana pembangunan kantor wilayah Kementerian Pertahanan di Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, juga dibicarakan potensi pengembangan Bangka Belitung yang meliputi ketahanan pangan, pariwisata dan industri pertambangan.

"Khususnya mineral ikutan thorium yang dapat menjadi potensi unggulan Bangka Belitung. Juga potensi di sektor lain yang belum banyak dikelola secara profesional," ujar Erzaldi.

Baca juga: Samosir Bersih dari Virus Corona, Bupati Bocorkan Rahasianya

Sebagaimana diketahui, thorium merupakan kandungan ikutan dari tambang timah yang kini cadangannya tersimpan di Kepulauan Bangka Belitung.

Thorium disebut-sebut sebagai sumber energi masa depan dan juga menjadi salah satu bahan dalam sistem persenjataan nuklir.

Menurut Erzaldi, Prabowo menyambut baik sejumlah rencana pembangunan yang diajukan pemerintah daerah.

Termasuk soal penempatan kantor wilayah pertahanan yang dinilai akan berdampak baik terhadap pengembangan potensi unggulan.

"Menteri Prabowo dalam pertemuan ini mengingatkan bahwa Babel merupakan salah satu Provinsi yang memiliki potensi besar, potensi itu bahkan sangat dilirik di nasional," ujar Erzaldi.

Erzaldi mengatakan bahwa Prabowo mendukung penuh sejumlah kebijakan dan rencana Pemprov Babel.

Untuk itu, Erzaldi juga menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan berbagai arahan yang disampaikan Prabowo dalam pertemuan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com