Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

85 Tenaga Medis di Kota Ambon Positif Terpapar Covid-19

Kompas.com - 18/06/2020, 17:10 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 85 tenaga medis di Kota Ambon dilaporkan telah terkonfirmasi positif Covid-19 semenjak virus tersebut mewabah di Kota Ambon.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, 85 tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu berasal dari tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Kota Ambon, para perawat dan dokter di RSUD dr Haulussy Ambon dan sejumlah tenaga medis di beberapa puskesmas di Kota Ambon.

“Kalau kami sendiri di Dinas Kesehatan kota itu ada 15 tenaga medis yang positif, sedangkan untuk gabungan semuanya itu ada 85 orang itu dari RSUD dan rumah sakit lain dan puskesmas,” kata Wendy kepada Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Dia mengatakan, saat ini, 15 tenaga medis dari dinas kesehatan masih menjalani perawatan medis di dua lokasi karantina di Kota Ambon.

Baca juga: Disindir Cengeng oleh Gubernur, Wali Kota Ambon: Itu Bukan Menjatuhkan, Malah Mengangkat Saya

Saat disinggung jumlah tenaga medis di Kota Ambon yang sudah sembuh, Wendy tidak mengetahui berapa jumlahnya.

“Kalau untuk yang sudah sembuh saya belum tahu ya, tapi 15 tenaga medis dari dinas kesehatan kota ini mereka belum sembuh, sudah dua bulan ini belum sembuh, sudah swab dua kali tapi belum sembuh,” kata dia.

Dia menambahkan, kondisi 15 tenaga medis dinas kesehatan Kota Ambon saat ini dalam kondisi baik karena mereka berstatus sebagai orang tanpa gejala.

Baca juga: Penyebaran Covid-19 di Ambon Masif, Diduga Ada 598 OTG Berkeliaran

“Karena berstatus OTG jadi mereka hanya dikarantina di BPSDM dan LPMP Maluku,” kata dia.

Sementara itu, Direktur RSUD dr Haulussy Ambon kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku mengaku, sebanyak 25 tenaga medis di RSUD tersebut kini telah sembuh dari Covid-19.

“Mereka sudah sembuh sudah pulang, jumlahnya 25 orang semua,” ujar dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com