Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaster KKP Batam, Total 8 Petugas Terjangkit Virus Corona

Kompas.com - 18/06/2020, 10:17 WIB
Hadi Maulana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Total petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam yang terinveksi virus corona atau Covid-19 saat ini menjadi 8 orang.

Penambahan setelah ada 5 petugas KKP Batam yang baru dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan uji swab.

Berdasarkan hasil tracing yang dilakukan tim kesehatan Batam, diketahui sejumlah keluarga petugas KKP Batam juga sudah ada yang tertular virus corona.

Baca juga: Beramai-ramai Menyerbu Puncak Bogor...

Kepala KKP Kelas I Batam Achmad Farchanny mengatakan, dengan kejadian ini, pihaknya telah melakukan tes PCR atau swab tenggorokan kepada seluruh petugas KKP Batam.

“Ada 99 petugas kami yang telah kami lakukan tes swab, termasuk security kantor dan hasilnya hingga saat ini diketahui ada 8 yang terpapar corona,” kata Farchanny saat dikonfirmasi, Rabu (17/6/2020) malam.

Farchanny mengakui masih ada hasil tes yang belum diketahui. Jumlah petugas KKP yang terdeteksi Covid-19 bisa jadi bertambah.

“Mudah-mudahan tidak ada penambahan, itu yang kami harapkan. Sebab tidak saja petugas KKP, keluarganya juga kami lakukan swab secara acak,” kata Farchanny.

Baca juga: Murid Belajar di Rumah, Tagihan Listrik Sekolah Ini Malah Melonjak

Untuk 8 petugas yang terkonfirmasi positif corona, Farchanny mengatakan, semuanya termasuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Sebanyak empat orang bertugas di Kantor Induk Pelabuhan Batuampar.

Kemudian empat orang lainnya bertugas di pintu masuk Pelabuhan Sagulung, Pelabuhan Nongsa, Pelabuhan Batam Centre dan Bandara Hang Nadim.

“Empat orang yang di kantor induk Pelabuhan Batuampar, yakni dua orang bertugas di Tata Usaha, satu bertugas di pelayanan dokumen karantina dan satu petugas keamanan,” kata Farchanny.

Menurut Farchanny, petugas KKP memiliki risiko yang cukup tinggi, sebab petugas KKP merupakan garda paling depan yang bertugas di pintu masuk suatu daerah.

“Kami orang pertama yang bertemu dengan pelaku perjalanan dari negara lain yang memang belum diketahui kondisi kesehatannya. Meski protokol kesehatan dilakukan cukup ketat, namun tetap saja ada hal ini yang memungkinkan untuk tertular,” kata Farchanny.

Saat ini, seluruh petugas KKP yang tertular corona sudah mendapat perawatan di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang.

Farchanny juga terus mengimbau warga Batam untuk selalu waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker jika bepergian keluar rumah.

Kemudian, sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer, serta jaga jarak apabila berkomunikasi dengan orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com